Berita

PCM Cileungsi Gelar Bimtek Pangkalan Data EduMu

PCM Cileungsi

Cileungsi, Suara ‘Aisyiyah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cileungsi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pangkalan Data EduMu Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah, Kamis (15/9). Bimtek ini diikuti oleh 335 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, operator, dan guru-guru dari sekolah-sekolah Muhammadiyah di Cileungsi.

Ketua PCM Cileungsi, Nasihin menegaskan bahwa Pangkalan Data ini merupakan program stretagis dan penting dari Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. “Nantinya berbagai keputusan penting harus berdasarkan data yang akurat dan ter-update bagi Majelis Dikdasman Tingkat Pusat, Wilayah, Daerah, hingga Cabang,” ujarnya.

Nasihin yang juga bertindak selaku Ketua Tim Pangkalan Data Pusat Dikdasmen itu menerangkan bahwa Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah sudah bekerja sama dengan Kemendikbudristek dan Kemenag untuk mendapatkan data dasar. Meski begitu, lanjutnya, data dasar tersebut harus diverifikasi dan divalidasi secara terus-menerus.

Baca Juga: Perkuat Digitalisasi Sekolah Muhammadiyah, EduMu Gandeng LinkAja Syariah

Ia menerangkan bahwa pembaharuan data adalah proses raksasa yang tidak akan mengenal jeda/henti, karena data terus bergerak dengan dinamis. “Untuk itu, kami menggandeng EduMu (Edukasi Digital Muhammadiyah) untuk membantu merumuskan algoritma data, termasuk penentuan titik koordinat lokasi setiap sekolah yang tentu saja membutuhkan keahlian khusus,” papar Nasihin.

EduMu merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah bekerja sama dengan PT Utama yang merupakan Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka). Disampaikan oleh Ketua Majelis Dikdasmen PCM Cileungsi, Ana Widyastuti, dengan menggunakan EduMu, pembaruan data (termasuk data administrasi dan akademik harian) dari setiap sekolah akan dilakukan secara otomatis.

Selain berfungsi sebagai updater otomatis Pangkalan Data, Ana menambahkan, EduMu juga memberikan pelayanan kemudahan untuk guru dan siswa dalam pembelajaran digital serta memberikan informasi penting bagi wali murid.

InsyaAllah dengan digitalisasi data dan pembelajaran ini maka sekolah-sekolah kami akan terus maju dan meningkat kualitasnya bagi dari sisi akademik maupun pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari SD Muhammadiyah 1, 2, 3 Cileungsi, SD Muhammadiyah Jonggol, SMP Muhammadiyah 1, 2 Cileungsi, SMA Muhammadiyah Cileungsi, dan SMK Muhammadiyah 1, 2, 3, 4 Cileungsi. (H.A/sb)

Related posts
Berita

Perkuat Digitalisasi Sekolah Muhammadiyah, EduMu Gandeng LinkAja Syariah

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Untuk mendukung penguatan ekosistem digital di sekolah Muhammadiyah, tim pengembang EduMu melakukan ikrar kerja sama dengan LinkAja Syariah….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *