Berita

PCM Ilir Timur 1 Palembang Raih Juara 3 Muhammadiyah Awards Kategori Cabang Unggulan Terbaik

Palembang, Suara ‘Aisyiyah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Selatan turut berbangga dengan keterwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ilir Timur 1 Palembang yang dinobatkan sebagai Juara 3 Cabang Unggulan Terbaik se-Indonesia dalam ajang Cabang Ranting Muhammadiyah Awards dan Expo ke-IV, pada Selasa (1/3) di PCM Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur.

Ajang tahunan yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah ini merupakan pagelaran yang keempat dari Cabang Ranting Muhammadiyah Award dan Expo, setelah pertama kali diadakan pada tahun 2018. Tahun 2022 ini, tema yang diusung adalah “Membangun Cabang dan Ranting yang Tangguh Dalam Menghadapi Era Disrupsi”.

“Tema ini sengaja diangkat karena seluruh warga Muhammadiyah sadar atau akhirnya akan bertemu dengan era disrupsi. Perubahan yang sangat cepat mengubah kebiasaan hidup kita dan ini dipercepat oleh faktor pandemi,” kata Ketua LPCR PP Muhammadiyah, Jamaludin Ahmad.

Di masa pandemi, LPCR berusaha keras memperteguh paham agama dan ideologi warga Muhammadiyah di tingkat bawah agar selaras dengan keputusan Pimpinan Pusat sembari tangguh dalam menghadapi pandemi dengan menghadirkan berbagai solusi.

Mengenai gelaran CR Award dan Expo, kepemimpinan acara ini terdiri dari dua agenda utama. Pertama seleksi PCM/PRM, dan kedua adalah Award & Expo.

“Tujuan kegiatan ini adalah: pertama, menjadi forum tukar pikiran dan pengalaman dalam pengembangan Cabang-Ranting; kedua, program tereksposnya unggulan sehingga menginspirasi yang lainnya, dan; ketiga, lahirnya Cabang-Ranting unggulan di tingkat nasional serta jaringan ekonomi,” ungkap Jamaludin.

Untuk diketahui, pada gelaran kali ini diikuti oleh 21 Ranting unggulan se-Indonesia, 44 Cabang unggulan se-Indonesia, 15 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah, 9 Rumah Sakit Muhammadiyah-‘Aisyiyah, dan 18 PDM dari berbagai kota di Indonesia.

Untuk penghargaan, tahun ini CR Award dan Expo menambah tiga kategori, yakni PTM yang paling peduli, RSMA yang paling peduli, dan PDM yang paling sukses mengembangkan Cabang dan Ranting.

Baca Juga: Literasi Ekonomi Digital di Cabang dan Ranting

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua PCM Ilir Timur 1 Palembang M. Nawawi mengatakan pihaknya sangat bersyukur telah berhasil meraih Juara 3 Cabang Unggulan Terbaik karena sejak tahun 2018, 2019, 2020 PCM Ilir Timur 1 hanya menjadi nominator saja.

Alhamdulillah 2022 ini kita berhasil membuktikan peningkatan kinerja dan inovasi program sehingga bisa meraih juara 3 se-Indonesia. Tidak lain kesuksesan ini karena berkat kerja sama semua pihak,” ungkap Nawawi saat wawancara di Kantor PCM Ilir Timur 1, Rabu pagi (2/3).

Nawawi juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mensupport PCM Ilir Timur 1 terkhususnya seluruh jajaran PWM Sumsel, PDM Palembang, AUM, Ortom, dan warga Muhammadiyah khususnya di Kota Palembang.

Lanjut Nawawi, saat ini PCM Ilir Timur 1 memiliki 7 AUM (4 SD & 3 SMP), 6 masjid dan musala, serta 14 Ranting Muhammadiyah. Dalam 2 tahun terakhir, PCM Ilir Timur 1 juga berhasil mengembangkan 2 Cabang baru, yaitu PCM Sukarami dan PCM Alang-Alang Lebar.

“Sesuai motto LPCR, Cabang harus berkembang dan Ranting itu penting. Ber-Muhammadiyah sukses dunia dan sukses akhirat. Kata itulah menjadi motivasi kami untuk terus bergerak untuk memaksimalkan ikhtiar,” tegas Nawawi.

Selain itu, Nawawi juga fokus pada pemberdayaan ekonomi umat, salah satunya memiliki 11 Food Court/Kantin Binaan, 1 TokoMu, Lembaga Sosial BAISMUDA, dan 1 Koperasi Syariah; BTM (Baitul Tamwil Muhammadiyah). Dalam waktu dekat, pihaknya akan membangun Klinik Kesehatan sebagai AUM yang baru dilingkup PCM Ilir Timur 1.

Adapun 6 kategori penilaian Cabang Unggulan Muhammadiyah Awards yaitu Leadership, Pembinaan Ranting melalui GJDJ, Pengembangan AUM, Media dan Publikasi, Ekonomi Umat, dan Inovasi Program.

Nawawi berharap agar ke depan gerakan yang dilakukan oleh Muhammadiyah dapat lebih menyentuh masyarakat lebih dekat. “Sehingga kehadiran kita benar-benar dirasakan di tengah masyarakat,” harapnya.

Maka dari itu, menurut Nawawi, warga Muhammadiyah dituntut untuk lebih peka dengan lingkungan sekitar serta mulai mengambil peran penting di lingkungan masyarakat baik sebagai tokoh agama, tokoh masyarakat, RT, RW, maupun ketua takmir masjid. (mas/sb)

Related posts
Berita

PCM Ilir Timur 1 Palembang Adakan Safari Ramadhan

Palembang, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ilir Timur 1 Palembang menjadi tuan rumah Safari Ramadhan bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)…
Berita

PCM Ilir Timur 1 Gelar Baitul Arqam dan Persiapan Ramadhan 1443 H

Palembang, Suara ‘Aisyiyah – Bulan Ramadhan 1443 H hanya tinggal hitungan hari, bulan yang penuh berkah dan menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.