Berita

PD Aisyiyah Banyumas Selenggarakan Rapat Periodik Pimpinan

Rapat Periodik PDA Banyumas

Banyumas, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyumas kembali mengadakan Rapat Periodik pada Ahad, (3/10). Kegiatan ini dilakukan secara luring terbatas dan daring melalui zoom meeting bekerja sama dengan Lazismu Banyumas.

Secara luring, rapat bertempat di Balai Aisyiyah dan dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri atas 20 orang dari unsur Pimpinan Harian, Ketua Mejelis dan Lembaga, serta 10 orang perwakilan PCA se-Banyumas (Purwokerto Barat, Timur, Selatan, Utara, Karanglewas, Kembaran, Kedungbanteng, Sumbang, Baturaden dan Sokaraja).

Penyelenggaraan rapat secara luring ini menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah. Peserta lainnya mengikuti rapat melalui zoom meeting dengan jumlah yang hadir sekitar 78 orang, baik dari unsur majelis dan lembaga maupun PCA se-Banyumas.

Rapat periodik dipimpin langsung oleh Zakiyah.  Dalam sambutannya, dengan bersemangat Ketua Umum Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyumas ini menekankan, “organisasi harus tetap berjalan dengan segala kemampuan yang kita miliki saat pandemi Covid-19 ini. Kita harus selalu punya komitmen dan loyalitas tinggi untuk menggerakkan dan memajukan organisasi ‘Aisyiyah demi kejayaan Islam”.

Selain itu, ia juga menyampaikan hal-hal terkait informasi terbaru tentang Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah yang akan digelar pada tahun 2022.

Baca Juga: Pengajian: Wadah Gerakan Ilmu ‘Aisyiyah

Rapat periodik merupakan kegiatan catur wulanan yang mempertemukan PDA dan PCA se-Banyumas untuk membahas program-program dan kegiatan organisasi. Setelah sempat terhenti karena pandemi, rapat periodik kali ini selain melaporkan pelaksanaan kegiatan majelis dan lembaga, juga membahas Perencanaan Program Percepatan Oktober 2021-Oktober 2022.

Program percepatan harus dilakukan mengingat periode kepemimpinan yang harus sudah berakhir pada tahun 2022 mendatang. Penyampaian laporan dilakukan oleh para ketua yang mengkoordinir majelis dan lembaga di lingkungan PDA Banyumas.

Kesempatan penyampaian laporan pertama diberikan kepada Nasiyah selaku Ketua I yang mengkoordinir Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Majelis Pembinaan Kader (MPK), Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah (LPPA), dan Lembaga Kebudayaan (LK). Laporan kedua disampaikan oleh Udji Prihati sebagai Ketua III yang membawahi Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS), Majelis Hukum dan HAM (MHH), dan Majelis Tabligh (MT). Yang terakhir, penyampaian laporan dilakukan oleh Ratifah, Ketua IV yang membidangi Majelis Kesehatan (MK), Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, (MEK), serta Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Kebencanaan (LLHPB).

Kegiatan ini diakhiri dengan perkenalan Kantor Layanan (KL) Lazismu PDA Banyumas oleh Asri Widiastuti selaku Ketua KL Lazismu PDA Banyumas. Dalam paparannya, ia menyampaikan tentang awal mula berdirinya KL Lazismu PDA Banyumas, visi dan misi, serta program-program Lazismu bekerja sama dengan PDA Banyumas.

Asri mengimbau, “PCA yang belum ada Kantor Layanan (KL) segera mendirikan sehingga kita semua satu atap, agar kegiatan-kegiatan dan keuangan lebih terarah dan dapat terdokumentasi dengan baik”. (Rani/Mintarti)

Related posts
Tokoh

Andi Rasdiyanah, Rektor Perempuan Pertama Perguruan Tinggi Islam Negeri Itu adalah Kader Aisyiyah

Andi Rasdiyanah lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada 14 Februari 1935. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya meninggal ketika ia…
Berita

Cerahkan Peradaban Bangsa, RSIJ Cempaka Putih dan Muhammadiyah-Aisyiyah Gelar Semiloknas

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah-‘Aisyiyah melalui Majelis Kesehatan PP ‘Aisyiyah, MPKU PP Muhammadiyah, dan RSIJ Cempaka Putih mengadakan kegiatan Seminar dan Lokakarya…
Berita

Pengajian Rutin PP Aisyiyah: Memaknai Tahun Baru Islam

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Aisyiyah menggelar pengajian rutin bulanan pada Sabtu (30/7). Pengajian yang bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H itu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.