PD Aisyiyah Demak dan Jepara Kerja Sama Adakan Program Petani Bangkit

Berita 27 Agu 2021 0 68x

Demak, Suara ‘Aisyiyah – Harga cabai merah keriting saat ini di petani di Kabupaten Demak Rp2.500 – 3.000 per-kg. Rendahnya harga tersebut menyebabkan petani membiarkan cabai mengering di sawah. Hal ini disebabkan biaya panen tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh petani. Pendapatan Rp75.000 dari penjualan cabai, misalnya, digunakan untuk membayar tenaga panen Rp60.000, sehingga petani hanya mendapat keuntungan Rp15.000.

Melihat kondisi tersebut, Kamis 25 Agustus 2021, PDA Kabupaten Demak dan Jepara serta Lazismu Demak dan Jepara melaksanakan “Program Petani Bangkit” dengan membeli cabai dengan harga Rp6.000 per-kg. Meskipun hanya mampu membeli 1 ton cabai, namun program ini berhasil membuat tersenyum 13 petani di Desa Bantengmati, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak.

Program tersebut mendapat sambutan hangat dari pemerintah, terutama Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Agus Herawan. “Kami atas nama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak dan petani, khususnya petani cabai di Desa Bantengmati, Kecamatan Mijen, mengucapkan banyak terima kasih kepada PDA Demak dan Jepara serta Lazismu atas kepedulian mereka karena telah membeli cabai petani. Semoga dengan kepedulian PDA dan Lazismu Demak dan Jepara memberi semangat bagi petani di Kabupaten Demak,” ujarnya.

Baca Juga: Membangun Ketahanan dan Kemandirian Pangan Berbasis Nilai-Nilai Islam

Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Demak Sri Suryati menambahkan, “program ini sudah kedua kalinya dilakukan, yang pertama saat di Desa Raji Demak dengan anjloknya harga cabai dan tomat. Sedangkan yang kedua di Desa Bantengmati Mijen ini. Semoga ke depan harga hasil petani lebih baik lagi”.

Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PDA Jepara Umi Kulsum mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama dalam program ini. Ia berharap agar kerja sama ini bisa berlanjut.

Fauzi, petani cabai Desa Bantengmati, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak bersyukur ada pembeli cabai dengan harga dua kali lipat dari harga cabai saat ini. “Kami mengucapkan banyak terima kasih pada Ibu-ibu PDA Demak dan Jepara serta Lazismu yang telah peduli dengan kami,” ujarnya. (hening)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *