PD Aisyiyah Kabupaten Magelang Adakan Bedah Buku “Entrepreneurial Leadership di PAUD”

Berita 25 Okt 2021 0 73x

Magelang, Suara ‘Aisyiyah – Bertempat di Aula Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang, Sabtu (23/10) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Magelang menggelar bedah buku yang berjudul “Entrepreneurial Leadership di PAUD” karangan Sulistiyadi dan Sa’adah Noor terbitan Unimma Press tahun 2018.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan Amal Usaha ‘Aisyiyah (AUA), yaitu Taman Kanak Kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB). Apalagi di masa pandemi ini, di mana ada sebagian kecil PAUD yang merasa kesulitan untuk mendapatkan murid/anak didik. Sehingga dengan adanya bedah buku ini bisa memotivasi kepada pendidik di PAUD supaya lebih semangat dan maju,” demikian penjelasan Siti Asiyah, Ketua Majelis Dikdas PDA Kabupaten Magelang ketika ditemui di Aula Gedung Dakwah PDM Kabupaten Magelang.

Hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara adalah Muntowiyah yang mewakili Ketua PDA Kab. Magelang yang berhalangan hadir dikarenakan tugas lain yang bersamaan waktunya.

Dalam sambutannya, Muntowiyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada penulis. “Buku ini kami pilih sebagai ucapan terima kasih kepada almarhum Pak Sulis dan Bu Sa’adah yang sudah lama berjuang di Muhammadiyah. Terima kasih sudah menulis buku ini. Semoga menjadi amal saleh yang akan mendapatkan balasan surganya Allah,” ujarnya

Baca Juga: Voluntarisme dan Berpikir Out of The Box: Modal Dasar Eksistensi TK ABA

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada guru-guru di Amal Usaha ‘Aisyiyah yang sudah mendidik dengan sabar, ikhlas, dan penuh tanggung jawab untuk menyiapkan generasi penerus bagi kemajuan bangsa. Terima kasih juga disampaikan kepada PDA serta Badan Pembantu Pimpinan (BPP) yang sudah mengadakan kegiatan bedah buku.

“Buku ini akan kita pelajari kemudian kita amalkan bersama untuk kemajuan persyarikatan,” lanjut Muntowiyah.

Pada kesempatan ini, hadir salah satu penulis buku “Entrepreneurial Leadership di PAUD” Sa’adah Noor untuk memberikan pengantar.

“Semoga buku yang kami tulis ini bisa diaplikasikan di lembaga pendidikan di Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah. Sehingga membawa kemajuan bersama,” kata Sa’adah Noor.

Narasumber kegiatan ini adalah Khusnul Laeli, Lektor Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma). Ia mengupas tuntas isi buku di depan sekitar 70 peserta dari dari Majelis Pendidikan Dasar (Dikdas) PDA, Ketua Badan Pembantu Pimpinan (BPP) PDA, Kepala Sekolah Taman Kanak Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal, dan Kepala Sekolah Kelompok Bermain ‘Aisyiyah se-Kabupaten Magelang. Di antaranya, ia menjelaskan tentang standar kepala sekolah atau satuan pendidikan yang harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal, yaitu: kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014.

“Maju atau tidaknya sebuah sekolah tergantung pada kepala sekolahnya. Karena kepala sekolah punya peran strategis di dalam proses peningkatan mutu pendidikan,” jelas Khusnul Laeli.

“Jika ingin maju, kita harus berani keluar dari zona nyaman atau out of the box. Karena jalan menuju kesuksesan sama sekali tidak nyaman,” lanjut Khusnul. (BuTar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *