PD Aisyiyah Kota Sukabumi dan UM Sukabumi Gelar Sosialisasi Pengolahan Ikan

Berita 18 Sep 2021 0 70x
Sosialisasi Pentingnya konsumsi ikan

Sosialisasi Pentingnya konsumsi ikan

Sukabumi, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengenai pengolahan produk perikanan. Kegiatan ini melibatkan Mahasiswa dan Dosen dari Program Studi Agribisnis dan Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian UMMI.

Program pengolahan produk perikanan merupakan salah satu respons pihak akademisi dan warga ‘Aisyiyah dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan di kota Sukabumi. Pada program ini warga ‘Aisyiyah akan dibekali dengan pemahaman dan teknik pengolahan ikan, pengemasan, sampai pada pemasaran olahan ikan.

Pada Rabu (8/9), kegiatan dimulai dengan sosialisasi pentingnya makan ikan termasuk gambaran potensi olahan produk perikanan di Kota Sukabumi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam kegiatan pengajian rutin warga ‘Aisyiyah di Pimpinan Cabang Aisyiyah Lembursitu Kota Sukabumi dengan narasumber Neneng Nurbaeti selaku osen dari Program Studi Akuakultur dengan peserta 25 orang.

Baca Juga: Geliat Dakwah ‘Aisyiyah melalui Strategi Pemberdayaan

Kegiatan ini mendapat antusias yang luar biasa dari warga ‘Aisyiyah yang menyadari kegiatan ini sebagai ladang ilmu dan amal. Ilmu dalam mengkaji isi al-Quran yang membahas alasan pemanfaatan yang bersumber di perairan sebagaimana yang disampaikan dalam surat Al Maidah ayat 96.

Ladang amal dalam kegiatan ini adalah turut aktifnya warga ‘Aisyiyah untuk mendukung program pemerintah dalam menyediakan produk perikanan berupa olahan yang berbahan dasar dari ikan yang akan dilaksanakan pada kegiatan berikutnya. Selain itu, meningkatkan frekuensi konsumsi ikan bagi seluruh warga Aisyiyah untuk skala rumah tangga atau di rumahnya masing-masing.

Eli Pahrudin selaku Ketua PC ‘Aisyiyah Lembursitu berharap kegiatan ini selain menyehatkan sebagai sumber gizi keluarga ‘Aisyiyah dan masyarakat pada umumnya, kegiatan ini mendukung ketahanan pangan keluarga. Ikan yang mudah busuk jika tidak segera dikonsumsi akan diolah menjadi abon lele dan lele frozen sehingga lebih tahan lama dan memiliki nilai tambah untuk peningkatan ekonomi keluarga Aisyiyah. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari pembinaan Bina Usaha Keluarga Aisyiyah (BUEKA) di bawah Majelis Ekonomi. (Neneng Nurbaeti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *