PDA Banjarnegara Peduli Bencana

Berita 13 Nov 2019 0 47x

Banjarnegara, Suara ‘Aisyiyah- Kemarau yang cukup panjang mengakibatkan kekeringan diberbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Banjarnegara. Maka, PDA Banjarnegara berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, melakukan gerakan Bakti Sosial Peduli Bencana dengan memberikan air bersih di sejumlah daerah di Banjarnegara selama beberapa hari.

Bakti Sosial pertama dilakukan di Desa Petir, Kebondalem, Kecamatan Bawang, Banjarnegara pada Jum’at (11/10) dengan memberikan 3 tangki air, dan sejumlah dana. “Sumbangan tersebut berasal dari warga ‘Aisyiyah yang tergugah hatinya untuk ikut meringankan beban masyarakat yang sedang dilanda kekeringan,” ungkap Mutmainah Sri Nuryati Ketua PDA Banjarnegara.

Akibat kekeringan yang melanda, warga sulit mendapatkan air bersih, untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mandi dan mencuci. Sehingga warga terpaksa membeli air eceran dalam galon ataupun drigen.

Menyikapi kondisi tersebut ‘Aisyiyah bersama BPBD kembali mendistribusikan air bersih pada 24-25 Oktober 2019 ke Kecamatan Mandiraja, dan Kecamatan Purwanegara. Air bersih sebanyak 6 tangki didistribusikan ke 6 titik, yaitu 3 titik di Desa Jalatunda meliputi Dusun Praubosok, Kranji dan Karanggedang. Sedang 3 titik lainnya ada di Desa Wanadri meliputi Dusun Patoman, Pangantulan dan Silangit.

Selanjutnya,  diteruskan di beberapa daerah lainnya seperti pada Selasa (29/10) di desa Kebutuh Jurang, Sabtu (2/11) ke Desa Lemah Jaya, Karang kemiri, Ahad (3/11) ke Kecamatan Wanadadi di Linggasari dan Kandangwangi dan Selasa (5/11) sumbangan ke Kebutuhduwur, Kec Padgedongan.

Turut bahu membahu pula pelbagai organisasi dan lembaga dalam bencana kekeringan ini seperti PMI, BPBD, IAI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) , RSUD, Lazizmu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), PDA dan segenap warga Banjarnegara, menyalurkan 1 juta liter air bersih dengan mobilisasi 199 tangki yang melibatkan 402 relawan.

Informasi dari PMI Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara memang tahun ini mengalami kekeringan yang amat parah. Dari 20 kecamatan sebanyak 15 kecamatan terdampak kekeringan, 37 desa, 50.316 jiwa dan 12.733 Kepala Keluarga (KK). (Parijem, LPPA PDA Banjarnegara)

Leave a Reply