Berita

PDA Banyumas Gelar Santunan Anak Yatim

Banyumas, Suara ‘AisyiyahAhad (6/2), bertempat di Balai Aisyiyah, Jalan Masjid Gang 2 No. 1 Purwokerto telah dilaksanakan kegiatan Pengajian Rutin Ahad Pagi dan Santunan Anak Yatim. Acara pengajian rutin ini diikuti oleh warga dan simpatisan ‘Aisyiyah ditambah masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid (daring dan luring).

Tema tausiyah pada pengajian kali ini adalah “Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan”, dengan narasumber Yapin Mahmud. Tidak kurang dari 90 orang jemaah menghadiri kegiatan ini. Mereka terbagi atas yang hadir di Balai Aisyiyah sebanyak 70 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sementara yang mengikuti lewat Zoom meeting yang difasilitasi oleh Lazismu Banyumas ada sekitar 20 orang.

Dalam tausiyahnya, Mahmud menyampaikan khasiat air hujan dan cara menggunakannya sebagai terapi untuk mencegah dan mengobati penyakit. Ia juga menerangkan langkah-langkah terapi air hujan dan cara memanennya. Ia lantas mengutip Q.S. an-Nahl [16]: 10 yang menjelaskan manfaat atau fungsi air hujan.

Baca Juga: Rumah Santunan Keluarga Aisyiyah-Muhammadiyah Sewon Utara Peduli Anak Yatim dan Muallaf

Dijelaskan oleh Mahmud bahwa air hujan adalah air bersih yang menyehatkan. Namun demikian, air hujan tentu tidak dapat memperpanjang usia, melainkan hanya berfungsi membantu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti stroke, ginjal, dan jantung.

Setelah pengajian selesai, acara dilanjutkan dengan salah satu program rutin bulanan Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyumas, yaitu santunan anak yatim. Pada Februari 2022 ini santunan diberikan kepada 19 anak yatim yang terdiri atas 12 anak binaan PDA Banyumas dan 7 anak binaan Yayasan Bina Muwahiddin Surabaya. Santunan yang diberikan adalah berupa uang sebesar Rp300.000 setiap bulan. Dana santunan bersumber dari bantuan para dermawan yang disalurkan melalui Kantor Layanan (KL) Lazismu PDA Banyumas.

Alhamdulilah bulan ini kita bisa mengadakan acara santunan anak yatim yang dihadiri oleh anak dan walinya. Semoga di bulan berikutnya kita bisa menambah lagi kuotanya,” ujar Ketua Umum PDA Banyumas, Zakiyah.

Selain Zakiyah, turut hadir dalam kegiatan ini Ketua III PDA Banyumas Udji Prihati dan Sulastri Masngad yang merupakan Ketua MKS beserta jajarannya, serta para penerima santunan. (Rhani/Mintarti/sb)

Related posts
Liputan

Perluas Segmen Jamaah Pengajian untuk Menebar Kebermanfaatan Aisyiyah

Chalifah, Ketua Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, mengakui tidak mudah merangkul semua segmen dalam satu pengajian. Oleh karena itu, ungkapnya saat diwawancara Suara…
Berita

Eratkan Hubungan, Pimpinan Muhammadiyah Undang Sekretaris PCNU Kota Langsa Isi Kajian

Langsa, Suara ‘Aisyiyah – Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Langsa Ismail Fahmi Arrauf mengisi kajian malam kamis di Mushalla Al-Amanah…
Berita

Pengajian PWM Jawa Tengah: Dakwah Itu Memajukan dan Menggembirakan

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Senin (25/4), Pengajian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah bersama Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menghadirkan pembicara Akhmad Arif…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.