PDA Banyumas Launching dan Serahkan Bibit Pohon dan Sayur Sistem Pola Asuh

Berita 1 Des 2021 1 74x

LLHPB PDA BanyumasBanyumas, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyumas menggelar Launching Gerakan Penanaman Pohon dan Sayur dengan Sistem Pola Asuh yang didukung oleh Lazismu Banyumas. Peluncuran tersebut diawali dengan penyerahan bibit secara simbolis oleh Lazismu Banyumas kepada PDA Banyumas yang diterima oleh Ketua IV/Koordinator LLHPB PDA Banyumas di Aula Abu Dardiri Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, Jalan dr. Angka, No. 1, Purwokerto, pada hari Ahad 28 November 2021.

Jenis bibit tanaman tersebut di antaranya adalah mangga, rambutan, matoa, durian, pete, dan benih sayuran. Jumlah bibit bantuan yang diberikan ada sekitar 224 bibit pohon yang terdiri atas 56 mangga, 56 rambutan, 56 matoa, 56 durian, dan 28 paket benih sayuran yang masing-masing berisi 25 macam benih sayuran seperti kangkung, bayam, cesim, dan cabai yang akan dibagikan ke seluruh Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) dan relawan LLHPB se-PDA Banyumas. Masing-masing PCA yang semuanya berjumlah 28 cabang rencananya akan menerima 8 bibit pohon buah dan 1 paket benih sayuran, untuk ditanam di wilayahnya masing-masing.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PDA Banyumas, Wakil Ketua PDM Banyumas, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lazismu, Kantor Layanan (KL) Lazismu PDA Banyumas, PCA dan relawan LLHPB Purwokerto Barat, Timur, Utara, Selatan dan Sokaraja, serta wakil dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas.

Baca Juga: LLHPB PP Aisyiyah Siapkan Modul tentang Islam, Perempuan, dan Lingkungan

Dalam sambutannya, Ketua Umum PDA Banyumas Zakiyah mengatakan bahwa program gerakan penanaman pohon dan sayur ini membantu pemerintah untuk mengatasai masalah mitigasi bencana dan mendukung ketahanan pangan. ‘Aisyiyah akan selalu terus bergerak sesuai dengan bidang dan kapasitasnya masing-masing.

“Penanaman pohon buah dan sayur ini bukan hanya menjadi tanggung jawab PDA Banyumas tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama. Makanya dinamakan sistem pola asuh, yaitu yang menanam PRA dalam asuhan PCA kemudian PDA memantau dan mengawasi agar tanaman tersebut tetap lestari. Bibit ini harus benar-benar dimanfaatkan, dirawat, jangan hanya ditanam saja, supaya tujuan kita bersama tercapai,”  ujar Ketua PDA Banyumas.

Dalam sambutan kedua yang disampaikan oleh Wakil Ketua PDM Banyumas Hizbul Muflihin, dikatakan bahwa kita harus selalu menanam kebaikan. Salah satu cara yang dilakukan oleh ‘Aisyiyah adalah dengan menanam pohon di berbagai tempat. Ini harus dipahami sebagai cara untuk mencegah dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia. Kita tidak boleh merusak lingkungan tetapi harus menjaga dan merawat apa yang ada di sekitar kita.

Salah satu surat yang terkait dengan lingkungan yaitu surat al-Qashash ayat 77 (yang artinya), “dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi”.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Didi Supangat. Dalam sambutannya ia menyampaikan pesan Erna S. Acmad Husein selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas yang mengatakan bahwa apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara kegiatan ini. Gerakan penanaman buah dan sayuran ini sangat penting karena melalui gerakan ini diharapkan akan dapat mendorong minat dan semangat masyarakat untuk berperan aktif dalam pemanfaatan lahan atau tanah secara optimal.

Manfaat yang akan diperoleh dari kegiatan yaitu: (a) untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan mengurangi biaya belanja; (b) sebagai lumbung hidup; (c) sebagai apotik hidup, (d) menambah penghasilan, dan; (e) sebagai tempat rekresai apabila ditata dengan baik dan dirawat secara teratur.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi penanaman pohon yang akan dilakukan oleh seluruh PCA se-Kabupaten Banyumas secara serentak pada minggu ketiga bulan Desember 2021. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis dari LLHPB PDA Banyumas ke masing-masing PCA dan relawan LLHPB yang mewakili. (Rhani/Mintarti)

One thought on “PDA Banyumas Launching dan Serahkan Bibit Pohon dan Sayur Sistem Pola Asuh”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *