Berita

PDA dan IGABA se-Karesidenan Pati Ikuti Training of Fasilitator Hizbul Wathan PAUD

Kudus, Suara ‘AisyiyahKwartir Wilayah Hizbul Wathan (Kwarwil HW) Jawa Tengah menyelenggarakan Training of Fasilitator (ToF) Pandu HW Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah dengan Kwarwil HW Jawa Tengah tentang Peningkatan SDM Kepanduan Hizbul Wathan, serta perjanjian kerja sama antara Kwarwil HW Jawa Tengah dengan Majelis Dikdasmen PWA Jawa Tengah.

ToF diselenggarakan dalam dua metode, yaitu daring dan luring. Metode daring berlangsung pada hari Sabtu (19/2) yang diikuti oleh sekitar 450 peserta se-Jawa Tengah. Sedangkan metode luring berlangsung pada Sabtu-Ahad, (26-27/2) di masing-masing karesidenan.

Karesidenan Pati yang terdiri dari Pati, Kudus, Jepara, Rembang, dan Blora melaksanakan ToF di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU). Peserta yang mengikuti ToF sebanyak 75 orang yang berasal dari unsur Kwartir Daerah, PDA, dan Ikatan Guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) masing-masing kabupaten.

Kegiatan ToF Karesidenan Pati dibuka oleh Nurti Wijayanti dari Majelis Dikdasmen PWA Jawa Tengah. Nurti yang juga turut menjadi peserta mengungkapkan kegembiraanya atas terlaksananya ToF HW PAUD Jawa Tengah. Ia berharap acara ToF dapat menghasilkan fasilitator yang andal untuk mendidik anak-anak usia dini di sekolah PAUD dan TK ABA dengan kurikulum HW, agar tercipta generasi penerus dengan karakter Islami.

Turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara pembukaan yaitu Rektor UMKU, PDA dan PDM Kudus, perwakilan Kwartir Pusat HW, dan Kwarwil HW Jawa Tengah. Dalam acara pembukaan ToF tersebut, juga dilaksanakan pelantikan Qabilah dan Kafilah Raden Umar Said yang berpangkalan di UMKU.

Baca Juga: Cara Membangun Kedisiplinan Pada Anak

Selama ToF luring, peserta mendapat materi tentang kepanduan, antara lain baris berbaris, tali temali, pioneering, semaphore, gelar karya, dan outbond. Selain itu, terdapat materi tentang Kepribadian ‘Aisyiyah dan Aspek Psikologis Anak Usia Dini yang disampaikan secara daring.

Pelatih yang diterjunkan dalam ToF berasal dari Kwarwil HW Jawa Tengah, yaitu Bunda Ema, Ramanda Taufiq, Ramanda Senen Budiarto, Ramanda Budiyono, Ramanda Puput, Ramanda Satryo, serta melibatkan Dewan Sugli Wilayah. Para pelatih sangat bersemangat dalam menyampaikan materi dan memandu setiap kegiatan sehingga peserta pun antusias mengikuti kegiatan.

Pada sesi Forum Terbuka di akhir acara, seluruh perwakilan kabupaten menyampaikan pesan dan kesan selama acara. Peserta senang mendapat ilmu dan pengalaman baru, karena sebelumnya banyak yang belum mengetahui tentang HW. Seluruh peserta juga merasa puas atas sambutan tuan rumah yaitu Kwarda Kudus dan UMKU, terutama atas akomodasi dan konsumsi yang disediakan.

Ramanda Rahmanta, Lurah yang terpilih pada ToF kali ini menyampaikan apresiasi yang positif terhadap acara ToF. “Saya sangat terkesan dengan semangat dan kekompakan dari bunda-bunda peserta ToF. Belum pernah saya mengikuti pelatihan yang pesertanya sekompak ini,” ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah dari peserta.

ToF ditutup oleh Ramanda Taufiq selaku wakil dari Kwarwil HW Jawa Tengah. Taufiq meminta setelah ToF ini peserta dapat menularkan ilmu yang diperoleh kepada teman-teman dan mulai menerapkan kurikulum HW di daerah masing-masing.

“Selama ini HW diperkenalkan mulai pada siswa jenjang SD atau tingkat Athfal. Jumlah TK ABA yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan Indonesia, merupakan potensi yang bagus untuk memperkenalkan gerakan kepanduan HW pada peserta didik sejak dini dan mensyiarkan HW lebih luas kepada masyarakat. Semoga kita dapat mewujudkan cita-cita Kiai Ahmad Dahlan untuk menghasilkan gerakan kepanduan yang memiliki nilai-nilai Islami,” ungkapnya. (Muslikhah Fajriyati/sb)

Related posts
Berita

Peringati Hari Bumi, LLHPB PWA Jawa Tengah Instruksikan Anggota Menanam Pohon

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan…
Berita

Lazismu Berbah Bagikan 1000 Parcel kepada Guru TK ABA dan PAUD Aisyiyah

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka meneguhkan peran perempuan dalam dakwah untuk kemajuan bangsa, Lazismu Berbah bekerja sama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah…
Berita

Ikhtiar Bangkitkan Ekonomi Umat, PWA Jawa Tengah Adakan Pelatihan Evermos

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagekerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah pada Jumat (15/4) menyelenggarakan pelatihan Evermos yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.