Berita

PDA Garut Peringati Hari TB Sedunia 2022

Garut, Suara ‘Aisyiyah24 Maret diperingati sebagai Hari TBC Sedunia (HTBS) untuk mengenang jasa Robert Koch, penemu bakteri Mycobacterium Tuberculosis (si Miko) penyebab penyakit Tuberkulosis (TBC).

“TBC masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama, di mana Indonesia menempati rangking ketiga terbanyak di dunia setelah China dan India. Diperkirakan terdapat 824.000 kasus TBC baru setiap tahunnya, dengan angka kematian mencapai 98.000 atau setara dengan 11 kematian setiap jam,” kata Sakinah Ginna dari Majelis Kesehatan PDA Garut, Jumat (25/3).

Kata dia, sejak pandemi Covid-19, isu TBC terkalahkan dengan kasus virus tersebut, sehingga capaian penemuan kasus pun menurun. Oleh karena itu, ia mengajak segenap pihak untuk bekerja sama memastikan layanan TBC tetap terlaksana dengan baik di masa pandemi, serta merancang strategi percepatan eliminasi TBC 2030.

Sbegai informasi, Kelurahan Sukamentri sudah ditetapkan sebagai Kelurahan Siaga TBC oleh Bupati Garut sejak tahun 2021 dan sudah diinisiasi sejak tahun 2017. Sebagai Kelurahan Siaga TBC, maka Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Garut mengadakan Peringatan HTBS 2022 dengan tema “Satukan Tekad, Perkuat Inovasi untuk Inovasi TBC 2030”.

“Eliminasi TBC itu tugas kita bersama, bukan hanya urusan kesehatan saja. Perlu kolaborasi lintas sektor. Maka, di Kelurahan Siaga TBC dijalin kerja sama antara BBKPM Bandung, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asklin Kabupaten Garut, YAHINTARA, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Garut, dan Klinik Utama Yasyfa,” ungkap Yati RD, Ketua PDA Garut.

Baca Juga: MPKU Muhammadiyah dan USAID Serahkan Alat Tes TCM Tuberculosis ke RS PKU Muhammadiyah Gamping

Kata dia, PDA Garut berkomitmen dan siap saling bahu membahu dalam upaya percepatan eliminasi TBC dengan pilot project Kelurahan Siaga TBC Sukamentri. Salah satu bukti komitmen tersebut adalah didirikannya Rumah Singgah TBS pada 2020. Rumah Singgah ini berdiri setelah berkolaborasi dengan Pentahelix.

Menurut mantan Ketua SSR program penanggulangan TBC di Garut, Rustini, dalam peringatan HTBS 2022 ini, ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan PDA Garut, antara lain skrining TBC di Kelurahan Sukamentri, Lomba Mewarnai Tingkat PAUD, Gathering Penyintas TBC, Penyuluhan TBC, serta Pembagian Paket Sembako dan Vitamin.

Ia berharap, dengan peringatan HTBS ini, masyarakat jadi semakin tahu tentang TBC, semakin mampu mendeteksi dari dini gejala TBC, dan mau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan baik Puskesmas maupun Klinik. Selain itu, kepedulian masyarakat terhadap penyintas TBC juga semakin meningkat.

TBC tidak perlu ditakuti dan dijauhi. TBC dapat diobati dan disembuhkan. TOSS TBC (Temukan, Obati Sampai Sembuh TBC). (Susi Budiani/sb)

Related posts
Berita

Peringati Hari TB, Kelompok Masyarakat Peduli TB Bengkulu Kembali Diaktifkan

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka memperingati hari TB Sedunia, Rabu (30/3) Majelis Kesehatan (MKes) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Bengkulu menyelenggarakan kegiatan…
Berita

Peringati Hari TB Sedunia, 48 RSMA Terlibat dalam Percepatan Penemuan dan Penanganan TB di Indonesia

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Setiap tahun, dunia memperingati Hari Tuberkulosis (TB) yang jatuh pada 24 Maret. Tujuan peringatan tersebut adalah meningkatkan kesadaran…
Berita

Gelar Pengabdian Masyarakat, UM Sukabumi Terapkan Standar Rumah Sehat dan Lingkungan Guna Cegah Penyebaran Tuberkolosis

Sukabumi, Suara ‘Aisyiyah – Dosen program studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan Puskesmas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.