PDA Jepara, Cegah Stunting Wujudkan Generasi Emas

Berita 21 Sep 2020 0 101x

Jepara, Suara ‘Aisyiyah- Menindaklanjuti himbauan dan arahan dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah bahwa PDA diharapkan melaksanakan kegiatan dalam rangka mendukung upaya pencegahan, penanggulangan dan penanganan stunting di daerah masing-masing, maka PDA Jepara mengadakan kegiatan “Cegah Stunting Untuk Wujudkan Generasi Emas” pada (20/09).

Kegiatan ini perdana dilakukan oleh Majelis Kesehatan PDA Jepara semenjak adanya pandemi covid-19. Bertempat di aula PDM Jepara, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 50 orang ibu-ibu ‘Aisyiyah se-Daerah Jepara. Walau dilaksanakan secara luring, protokol kesehatan tetap diberlakukan, bahkan sebelum acara dimulai peserta dibagikan face shield atas bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jepara dan masker dari PWM.

Chayati, Wakil Ketua III Koordinator Majelis Kesehatan PDA mengungkap bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari himbauan dan arahan dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah. Selanjutnya, pada sBintangĀ esi pertama penjelasan mengenai stunting disampaikan oleh Wiwid Widiyanti, seorang pejabat fungsional Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara. “Pencegahan stunting melalui 1000 HPK (hari pertama kehidupan), dimulai saat ibu hamil sampai dengan bayi umur 2 tahun, karena pada usia tersebut sangat menentukan tumbuh kembang anak.” jelasnya.

Selanjutnya, Khumaidah dari Majelis Kesehatan PDA Jepara berharap dengan ini kader ‘Aisyiyah turut berperan aktif dalam upaya cegah stunting dengan ikut mensosialisasikan kepada masyarakat, berperan dalam kegiatan posyandu atau BKB dan kegiatan lainnya, serta juga berperan sebagai motivator penggerak maupun penghubung ke lintas sektoral di desa masing-masing. (Gustin/Deny Ana I’tikafia)

Leave a Reply