PDA Lumajang Berikan Edukasi dan Penguatan Spiritual kepada Ibu Hamil

Berita 22 Des 2021 0 44x

Lumajang, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Lumajang melakuan pendampingan kepada ibu hamil dengan memberikan edukasi tentang trauma healing, psikososial, serta memberi penguatan spiritual pra-melahiran, saat melahirkan, dan pasca melahiran. Selain itu, Ketua PDA Lumajang Lilik Nurdiani mengatakan bahwa PDA Lumajang juga memberikan asupan makanan bergizi bagi ibu hamil, berupa makan 3x sehari dengan menu yang didampingi oleh ahli gizi.

Selanjutnya, PDA Lumajang juga akan mendampingi pemeriksaan berkala ke RSU Muhammadiyah sekaligus memberi siraman rohani pada saat melahirkan dengan tujuan sebagai penguat spiritual. “Mendampingi tayamum dan salat di Rumah Sakit sebelum melahirkan, mengajarkan doa-doa, dzikir yang perlu dibaca untuk menguatkan hati dan tawakkal kepada Allah swt.,” terang Lilik kepada Suara ‘Aisyiyah dalam wawancara pada Senin (20/12).

Baca Juga: Dakwah Kesehatan dalam Kongres Bayi Aisyiyah

PDA Lumajang juga memberikan bantuan berupa perlengkapan ibu dan balita, menjemput dan menyambut kepulangan ibu pasca melahirkan dengan  menempatkannya pada lokasi yang nyaman, bersih, dan sehat, serta memberikan pendampingan tim medis selama 10 hari.

Selain memberikan pendampingan pada ibu hamil, PDA Lumajang juga mempunyai beberapa program yang masih berkaitan, seperti (a) Sekolah Ceria ‘Aisyiyah (Koriyah) untuk tingkat TK, SD, dan SMA; dan (b) Makanan Sehat Semeru ‘Aisyiyah (Massera) dengan jumlah target keseluruhan yaitu sasaran bayi sejumlah 594 jiwa, sasaran ibu nifas sejumlah 576 jiwa, sasaran bayi sejumlah 522 jiwa, dan sasaran balita sejumlah 2275 jiwa. “Tapi yang didampingi oleh ‘Aisyiyah hanya pada beberapa orang yang rumahnya hancur dan rusak berat hasil assessment MDMC,” tambahnya. (septi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *