PDA Sumba Timur Gelar Pelantikan dan Upgrading Pimpinan

Berita 23 Des 2021 0 93x

Sumba Timur, Suara ‘Aisyiyah – Sabtu (18/12), bertempat di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, diadakan kegiatan Pelantikan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Sumba Timur periode 2015-2020 dengan perpanjangan SK 2021-2022.

Pelantikan ini baru dapat terlaksana pada tanggal 18 Desember 2021 karena banyaknya hambatan dan munculnya wabah pandemi Covid 19. Pada kegiatan yang mengambil tema “Gerakan Pencerahan untuk Perempuan Berkemajuan: Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Sumba Timur Turut Mensukseskan Pembangunan Di Kabupaten Sumba Timur” tersebut, Bupati Kabupaten Sumba Timur Khristofel Praing dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu meminta Pengurus Daerah ‘Aisyiyah yang baru dilantik untuk turut memberi kontribusi bagi pembangunan di daerah Sumba Timur.

Bupati Praing melalui Umbu Ngadu Ndamu juga meminta ‘Aisyiyah Sumba Timur untuk memberi dukungan dan kontribusi dalam upaya bersama untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Sumba Timur. Ia mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada sekitar 47 kekerasan terhadap perempuan dan anak di Sumba Timur.

Sebagai organisasi perempuan berkemajuan yang selalu memperjuangkan kemajuan perempuan yang berlandaskan syariat Islam, ‘Aisyiyah diharapkan dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk isu kesetaraan gender dan menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Aisyiyah diharapkan dapat menjadi motor pemberdayaan perempuan dan kemajuan dalam perubahan dunia kemanusian yang universal,” ujarnya.

Pada acara ini, yang melantik adalah Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Provinsi NTT, Kamsina Kewa. Ia berharap pimpinan daerah yang baru dibentuk ini agar membuat program-program tiap majelis dan lembaga untuk dapat direalisasi. Tentu saja dalam setiap program kegiatan harus tetap berpegang kepada asas Muhammadiyah yaitu al-Quran dan Sunnah serta mengandalkan asas kemanfaatan untuk umat.

Kepengurusan ‘Aisyiyah Sumba Timur, kata Kamsina Kewa, diharapkan dapat menopang kepengurusan dalam pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial dengan dukungan terhadap lembaga pendidikan, serta panti asuhan di Kabupaten Sumba Timur. Ia berharap ke depannya di Sumba Timur bisa berdiri TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal, Panti Asuhan ‘Aisyiyah, maupun Klinik ‘Aisyiyah.

Ia juga berharap agar ‘Aisyiyah Sumba Timur dapat mendukung program pemerintah Kabupaten Sumba Timur dalam berbagai aspek pembangunan.

Baca Juga: Kepemimpinan Perempuan Berkemajuan

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDA) Sumba Timur, Ilyas Ismail, menegaskan bahwa ‘Aisyiyah adalah lembaga otonom yang berada dibawah naungan Yayasan Muhammadiyah; artinya ‘Aisyiyah merupakan mitra Muhammadiyah.

Ilyas Ismail mengatakan bahwa ‘Aisyiyah merupakan organisasi yang dinisbatkan kepada  ‘Aisyah istri Rasulullah. Hendaknya para anggota ‘Aisyiyah mampu mempunyai sifat seperti istri Nabi tersebut. Beliau sosok istri yang cerdas dan berani.

Pada acara pelantikan tersebut, tampak hadir Wakapolres Sumba Timur Kompol Abdullah Paoh, Ketua Pengadilan Negeri Agama Waingapu Burhanudin Manilet, Camat Kota Waingapu, Sekretaris PWA NTT Siti Aminah HAS, Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PWA NTT Suwarni Sulaiman, Ketua MUI Sumba Timur H. Muhammad Zen Bunga, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumba Timur Ilyas Ismail, para kepala sekolah Muhammadiyah di Sumba Timur, para ketua takmir masjid se-Kota Waingapu dan Kambera serta tokoh agama Islam lainnya.

Setelah kegiatan pelantikan selesai, dilanjutkan dengan up-grading pimpinan yang baru terbentuk. Materi pertama disampaikan oleh Siti Aminah HAS, yang mengambil judul Sejarah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, dilanjutkan sholat Dzuhur dan makan siang bersama. Setelah itu dilakukan pemberian materi oleh Kamsina Kewa, tentang AD/ART organisasi. Acara ditutup oleh game dan materi Ideologi Organisasi ‘Aisyiyah oleh Suwarni Sulaiman.

Tepat pukul 15.00 WITA, acara upgrading berakhir. Pada pengurus PWA NTT berharap pengurus baru PWA Sumba Timur mampu membuat program-program bermutu pada setiap majelis dan lembaganya. Sehingga ke depannya diharapkan ‘Aisyiyah Sumba Timur mampu memajukan program pembangunan di Sumba Timur. (Biatin Wiyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *