PDA Tuban Berkomitmen Jaga Kelestarian Lingkungan

Berita 30 Nov 2021 0 75x

Tuban, Suara ‘Aisyiyah – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya launching program penanaman pohon dan sayur dengan sistem pola asuh oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah ‘Asiyiyah (PDA) Kabupaten Tuban bisa dilaksanakan pada Ahad (28/11). Kegiatan tersebut diadakan di perguruan Muhammadiyah Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Ketua PDA Kabupaten Tuban Neffi Mudholifati dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program penanaman pohon yang dicetuskan oleh LLHPB  PP ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Lazizmu PP Muhammadiyah merupan kegiatan yang fenomenal.

“Wajib kita dukung dan laksanakan program ini. Kami berterima kasih kepada LLHPB Wilayah Jawa Timur yang telah memilih Tuban untuk menjalankan program ini,” ungkapnya.

Baca Juga: LLHPB PDA Tuban Diharapkan jadi Garda Terdepan di Sektor Lingkungan dan Kebencanaan

Kata peremppuan yang baru terpilih menjadi ketua Forum Puspa Sri Huning Kabupaten itu, paska menerima amanah berupa penanaman pohon dan  sayur, PDA Tuban kemudian menjalin komunikasi dengan Dinas terkait untuk bisa bersinergi.

“Terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Mangrove Center yang sudah bersinergi dengan kami sehingga program ini bisa terlakasana dengan baik,” ucap Neffi.

Neffi menegaskan bahwa suksesnya kegiatan tersebut juga  tidak terlepas dari kerja sama yang baik antar majelis yang ada di PDA Kabupaten Tuban.

“Dengan bekerja samanya lintas majelis, ada Majelis Ekonomi, Dikdasmen, Majelis Sosial dan LLHPB sebagai pemeran utamanya. Semua bahu membahu,” terangnya.

“Bahkan melalui Majelis Dikdasmen, kita bisa bisa memberikan edukasi peserta didik untuk mencintai tanaman. Wali murid pun sangat antusias terhadap program ini dan mengambil segmen penanaman sayur,” imbuhnya.

Menurut dia, gerakan menanam pohon banyak manfaatnya. Antara lain mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup.

“Makhluk hidup, terutama manusia, tidak bisa terlepas dari oksigen itu. Maka kami gigih memperjuangkan agar hal ini terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Di samping itu, kata dia, pohon yang ditanam mampu menyerap air hujan sehingga air yang tersedia di tanah menjadi baik serta tersedia sumber pangan melalui penanaman sayur.

Neffi juga menjelaskan bahwa launching penanaman pohon ini baru tahap awal, oleh karena itu difokuskan di Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kecamatan Palang. Selanjutnya akan dilaksanakan di cabang-cabang yang lain.

“Kami punya 16 cabang. InsyaAllah akan dilakukan penanaman pohon seperti yang dilakukan oleh Cabang Palang saat ini,” jelasnya.

Dengan adanya sistem pola asuh, dia berharap tidak sekedar ditanam tetapi benar-benar dirawat agar tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga hasilnya bisa dinikmati tidak hanya oleh manusia tetapi juga makhluk hidup yang lain. (Iwan Abdul Gani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *