PDM Kota Surabaya Gelar Apel Milad Ke-109 Muhammadiyah

Berita 19 Nov 2021 0 61x

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Kiprah persyarikatan Muhammadiyah untuk umat dan bangsa tidak perlu diragukan lagi. Ormas Islam yang didirikan oleh Kiai Ahmad Dahlan 109 tahun silam ini telah membuktikan dirinya sebagai kontributor terbesar dalam pembangunan bangsa, baik di bidang agama, pendidikan, maupun sosial.

Hingga memasuki usianya yang sudah seabad lebih ini Muhammadiyah masih terus aktif bergerak memberikan pencerahan membangun peradaban. Berkembang semakin luas dan kian membesar. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya Amal Usaha Muhammadiyah yang terus bermunculan, baik di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan keagamaan.

Mengusung tema “Optimis Hadapi Covid-19, Menebar Nilai Utama” segenap Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya menggelar apel di halaman gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam), jalan Wuni, no 09, Surabaya, Kamis (18/11).

Kegiatan yang diikuti sekitar 140 peserta apel dari Ketua Ormas Islam, Ketua Partai Tingkat Kota Surabaya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah beserta Ortom, Majelis, dan Lembaga, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-kota Surabaya, dan sesepuh Muhammadiyah dimulai pukul 06.00 WIB tersebut dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari peserta apel di-thermo gun ketika memasuki area, memakai masker, juga hand sanitizer.

Baca Juga: Pidato Milad 109 Muhammadiyah Oleh Haedar Nashir

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya, Hamri Al Jauhari mengatakan bahwa Muhammdaiyah telah banyak berbuat untuk umat dan bangsa. Perlu diketahui, amal usaha yang dikelola oleh Muhammadiyah Kota Surabaya sebanyak TPQ 78 unit, TK dan PAUD 100 unit, SD/MI 29 unit, SMP 16 unit, SMU/SMK 9 unit, masjid dan musala 117 unit, Rumah Sakit/Klinik/Rumah Bersalin 5 unit, Panti Asuhan 27 unit yang salah satunya adalah panti bayi yang menampung bayi dibuang orang-tuanya, bayi telantar, bayi yang tidak dikehendaki, dan lain sebagainya.

Masih dengan Hamri, PDM Kota Surabaya juga memiliki PT. Sang Surya Surabaya, Koperasi Syariah Surya Timur, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh, Maida Indonesia Cake & Bakery, Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah (LBHMU).

“Pada saat pandemi Covid-19, Muhammadiyah Kota Surabaya membentuk Satgas Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dengan mengerahkan segala tenaga dan dana yang ada. Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting, dan Amal Usaha seluruhnya kami kerahkan untuk ikut menangani pandemi Covid-19,” terang ustadz Hamri.

Ia melanjutkan, PDM Kota Surabaya terdiri dari 32 Cabang, 118 Ranting, dan terus berupaya menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Kota Surabaya, DPRD, instansi yang lain, organisasi kemasyarakatan, dan juga organisasi politik demi kemaslahatan masyarakat menuju baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur (negeri yang baik dan mendapat ampunan Tuhan).

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Milad Muhammadiyah ke-109 Kota Surabaya, Edy Susanto, menambahkan rangkaian kegiatan apel telah berjalan dengan tertib dan lancar. Serta didukung oleh beberapa Ortom dan Amal Usaha diantaranya ada Rumah Sakit Muhammadiyah (PKU Surabaya) yang juga ikut membantu menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis di akhir acara tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh komponen yang membantu terlaksananya apel Milad Muhammadiyah ke-109, baik kokam, tim orkestra mini SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, dan yang lainnya. Mudah-mudahan seluruh warga Muhammadiyah selalu menjadi teladan utama dan menebarkan manfaat untuk bangsa dan agama,”, harap Edy. (yudha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *