Peduli TBC, Lazismu DIY Serahkan Bantuan kepada TB Care ‘Aisyiyah

Berita 22 Feb 2021 0 50x
Lazismu Serahkan Bantuan ke TB Care

Lazismu Serahkan Bantuan ke TB Care

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Bertempat di Kantor Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DI. Yogyakarta, Lazismu DIY menyerahkan bantuan kepada TB Care ‘Aisyiyah Yogyakarta pada Sabtu (20/2). TB Care merupakan program penanggulangan Tuberkulosis (TB) berbasis masyarakat yang merupakan bagian dari program Majelis Kesehatan ‘Aisyiyah di bawah pembinaan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Lazismu DIY, PWA DIY, dan pengurus TB Care ‘Aisyiyah. Bantuan awal yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp5.000.000,-. Bantuan tersebut nantinya akan digunakan sebagai dana operasional program dan pendampingan pasien TB.

Ketua Majelis Kesehatan PWM DIY Ismarwati menyampaikan, “apa yang diberikan Lazismu ini sangat bermanfaat. Di dalam Majelis Kesehatan ini ada program unggulan, seperti mengatasi stunting, kesehatan reproduksi, PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat, -ed), termasuk program penanggulangan TB, serta penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan infeksi”.

Sementara itu, Zulaikha selaku Ketua PWA DIY menyampaikan bahwa sampai saat ini, spirit al-Maun masih tertanam kuat dalam pribadi warga ‘Aisyiyah. Spirit itulah yang menurutnya menjadikan ‘Aisyiyah tetap berkomitmen untuk berdakwah dan membantu masyarakat yang berada di lapisan sosial bawah.

“Dengan semangat al-Maun, maka pasien yang didampingi oleh TB Care ‘Aisyiyah merupakan pasien dhu’afa dan mustadh’afin, bukan orang yang sudah mandiri dan bisa ke mana-mana sendiri. Komitmen kita di ‘Aisyiyah ini adalah bergerak di kalangan bawah. Dakwah kita adalah justru di komunitas dhu’afa dan mustadh’afin, yang mereka tidak mempunyai akses, tidak mempunyai pengetahuan cukup, dan tidak punya pendamping, dan sebagainya. Dalam situasi itulah ‘Aisyiyah merasa terpanggil dan kemudian bergerak,” paparnya. (SB)

Leave a Reply