Pelatihan Menulis Suara Aisyiyah: Ragam Macam Berita

Berita 2 Okt 2021 0 131x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Saat menulis di Suara Aisyiyah kita harus memiliki pedoman yang sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Suara ‘Aisyiyah, kata Hajar Nur Setyowati, berpegang pada nilai Islam berkemajuan dan perempuan berkemajuan. Hal itu ia sampaikan pada Sabtu (2/10) dalam acara Pelatihan Menulis Kontributor Suara Aisyiyah.

Dalam kesempatan tersebut, Hajar menegaskan bahwa setiap tulisan yang masuk ke Suara ‘Aisyiyah hendaknya sudah sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Suara ‘Aisyiyah. Menurutnya, Islam berkemajuan adalah Islam yang mengandung nilai-nilai kemajuan dan responsif dengan problematika yang selaras dengan kemajuan zaman.

Tentang menulis berita di Suara ‘Aisyiyah, Hajar menjelaskan ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan, di antaranya adalah aktual, berdampak, prominance, proximity, manusiawi, dan unik/good practice.

Baca Juga: Habitus Menulis

Adapun ragam berita menurutnya adalah: (a) berita langsung, yaitu berita yang menyampaikan peristiwa yang terjadi saat ini, biasanya ditulis dengan metode piramida terbalik (bagian penting dalam tulisan ditulis di awal); (b) berita ringan, yaitu berita yang bersifat human interest (manusiawi), model tulisan tidak berupa piramida terbalik karena tulisan ini ditujukan untuk menyentuh perasaan khalayak; (c) berita kisah atau feature, yaitu laporan kreatif, subjektif, lebih mendalam, human interest; (d) kolom, yakni tulisan berisi komentar atau pandangan seseorang tentang masalah yang sedang hangat dibicarakan atau opini penulis; (e) tajuk rencana, yaitu tulisan untuk mempengaruhi pendapat khalayak memberikan penjelasan, menyampaikan sikap, memberikan penilaian terhadap realitas atau kebijakan; (f) pojok, yaitu kritik disampaikan secara singkat tentang keadaan maupun kebijakan; (g) berita investigasi, yakni berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan lebih mendalam; (h) interpretative news, yaitu berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penilaian wartawan; (i) opini news atau berita pendapat, yaitu laporan yang dikembangkan dari pandangan seseorang tentang suatu hal.

Jika seseorang memahami ragam berita, lanjut Hajar, ia bisa menuliskan berita dengan tujuan yang jelas. Dalam penulisan berita tersebut, yang harus diperhatikan adalah unsur 5W+1H, sehingga tulisan itu mencukupi syarat sebuah berita diberitakan. (Dyah Ayu Kusumastuti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *