Berita

Penarikan KKN Reguler UAD Ke-96

KKN Reguler UAD

Bantul, Suara ‘Aisyiyah Jumat (9/9), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melaksanakan Penarikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke-96 secara daring melalui Zoom meeting. Memulai kegiatan, Fikri Amrulloh mewakili mahasiswa menyampaikan presentasi kegiatan KKN di Kapanewon Bantul.

Mahasiswa UAD yang diterjunkan berasal dari unit I.A.3 yang bertempat di Dusun Bantul Timur. Jumlah mahasiswa KKN UAD semua disetarakan di seluruh Kabupaten Bantul, yaitu Trirenggo, Pandak, dan Sanden, yang dibagi menjadi beberapa unit.

Untuk yang KKN di Bantul Timur, Trirenggo ini ada sembilan mahasiswa. Mereka berasal dari berbagai program studi, yaitu ilmu hukum, farmasi, psikologi, bimbingan konseling, manajemen, ekonomi, ilmu komunikasi, dan ilmu hadist. Periode KKN ini diterjunkan pada tanggal 10 Agustus 2022 dan berakhir pada 9 September 2022.

Penarikan KKN Reguler secara daring ini dihadiri oleh Koordinator lapangan Liena Sofiana yang sekaligus menjadi Master of Ceremony (MC). Selain itu hadir juga Kepala Panewu Kapanewon Sanden Deni Ngajis Hartono, Kepala Bidang PKM dan KKN Beni Sukendro Winarso, dan para dosen pembimbing.

Adapun untuk kegiatan KKN Reguler periode 96 ini ada empat bidang, yaitu bidang keilmuan, bidang keagamaan, bidang seni dan olahraga, serta bidang tematik. KKN UAD di sini membantu pemerintah untuk menciptakan Bantul Bersih Sampah (Bersama) 2025. Harapannya, Bantul 2025 yang bersih dan menjadi kampung ramah anak.

Baca Juga: Muhammadiyah Hadirkan Program Air Bersih di Desa Tliu Nusa Tenggara Timur

Adapun program tematik yang dimiliki berkaitan dengan pemilahan sampah dan pengolahan sampah organik seperti ember tumpuk, dan losida. Diharapkan juga pada 2025 Bantul menjadi kampung ramah anak.

Kegiatan mahasiswa bersama masyarakat yang dilaksanakan di antaranya pada tanggal 16 Agustus diadakan malam tirakatan menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan pada hari berikutnya membantu pembuatan kain ecoprint bersama ibu-ibu Asosiasi Ecoprinter Indonesia (AEPI) bertempat di TK Jebukan Baru, Trirenggo Bantul. Kegiatan ini masuk dalam program seni serta memanfaatkan sampah organik, yaitu dedaunan bekas ecoprint.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang KKM dan PKN Beni SW berharap apa yang dilakukan oleh para mahasiswa ini bisa memberi kontribusi serta membuka wawasan baru tentang pentingnya pengelolaan sampah. “Seperti kita ketahui, sampah menjadi hal yang menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana sampah berpengaruh negatif, tetapi jika kita lihat segi positifnya sampah mempunyai nilai ekonomis yang tidak kalah dengan yang lain,” terangnya.

Kepala Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono menyampaikan ucapan terima kasih kepada UAD yang sudah menerjunkan mahasiswa untuk KKN di Kapanewon Sanden. “Mahasiswa yang melaksanakan KKN ini sudah banyak memberi kontribusi kepada Kapanewon Sanden. Harapan kami semoga ke depan tempat kami tetap menjadi lokasi KKN. Karena kami masih sangat membutuhkan pemuda pemuda atau pendorong pendorong perkembangan di wilayah kami,” kata Deni. (Tar/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *