Penerapan Media Promosi Kesehatan Program Keluarga Berencana Berbasis Aplikasi Website Sikontras

Berita 23 Des 2021 0 64x

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Peran program KB sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan reproduksi seseorang, baik itu untuk kesehatan reproduksi perempuan maupun kesehatan reproduksi laki-laki. Perlunya sosialisasi, pendampingan kepada akseptor KB menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan reproduksi dan kesehatan secara umum.

Program kerja ranting ‘Aisyiyah memiliki program kerja dalam hal kesehatan sehingga peran ‘Aisyiyah dalam hal tersebut menjadi salah satu agenda kegiatan. Kurangnya pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat tentang kontrasepsi menjadi  permasalahan yang harus diberikan solusi untuk bisa mencapat target peningkatannya.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan penerapan media promosi kesehatan program keluarga berencana yang berupa aplikasi berbasis web yang dimaksud Sistem Informasi Kontrasepsi Rasional (SIKONTRAS). Beberapa tahapan kegiatan meliputi  perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Baca Juga: Menanamkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi kapada Remaja

Kegiatan dilakukan tanggal 2 Desember-29 Desember 2021. Mitra kader Aisyiyah ranting Cemani, Sukoharjo. Metode kegiatan meliputi Sosialisasi dan praktik langsung menggunakan aplikasi SIKONTRAS.

Sosialisasi tentang kontrasepsi kemudian dilanjutkan praktik mengunakan aplikasi SIKONTRAS yang diawali akses SIKONTRAS dengan mengakses sikontras.aiska-university.ac.id, menjelajahi semua fitur yang ada serta membagikan link sikontras ke beberapa sosial media.

Hasil kegiatan kader ‘Aisyiyah mengalami peningkatan tentang alat kontrasepsi, dan secara praktik mampu mengakses link website sikontras.aiska-university.ac.id, mampu menjelajah semua fitur serta membagikan link keberbagai media sosial. (Rina Sri Widayati, Ita Permatahati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *