Berita

Pengajian UM Kudus, Syafiq Mughni Jelaskan Aplikasi Dakwah dan Kaderisasi di PTMA

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Ketua PP Muhammadiyah,  Syafiq A. Mughni menyampaikan materi pengajian dengan tema “Aplikasi Media Dakwah dan Kaderisasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) ”. Pengajian yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) ini dibuka langsung oleh Rektor UMKU, Rusnoto.

Materi yang diterima oleh peserta pengajian adalah dakwah dalam konteks. Menurut Syafiq, terdapat empat hal mengenai dakwah dalam konteks, yaitu: Islam sebagai agama dakwah, Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah, Amal Usaha Muhammadiyah (PTMA), dan kewajiban muslim untuk berdakwah. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kaderisasi dalam konteks ada 3 (tiga) hal, yaitu: pertama, kaderisasi formal. Kedua, kaderisasi non-formal. Ketiga, muatan kaderisasi.

Syafiq menerangkan bahwa realitas motivasi menjadi Muhammadiyah ada lima: ideologi (keyakinan), keturunan (keluarga), apresiasi (tertarik kepada organisasi dan pemimpinnya), pragmatisme (pekerjaan), dan band wagon effect (ikut-ikutan/pergaulan).

Baca Juga: Inovasi Pengajian dengan Pendekatan Manhaj Tarjih

Syafiq menjelaskan, media dakwah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) ada empat hal, yaitu pengembangan kurikulum, fungsionalisasi masjid, seminar keagamaan, kelompok diskusi, dan kebijakan pimpinan. Sedangkan konten dakwah di PTMA ada dua hal, yaitu Islam berkemajuan dan pengembangan indeks kampus Islami.

Syafiq juga menjelaskan pelembagaan kaderisasi di PTMA, yaitu: pertama, untuk mahasiswa ada Baitul Arqam, Darul Arqam, dan implementasi perkaderan; kedua, untuk karyawan ada Baitul Arqam, Darul Arqam, pengajian, dan penglibatan dalam persyarikatan; ketiga, obyektivitas vs aksi afirmatif (affirmative action). (Supardi/sb)

Related posts
Berita

PTMA Harus Jadi Ladang Dakwah dan Kaderisasi

Kudus, Suara ’Aisyiyah – Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti menyampaikan materi pengajian di Universitas Muhammadiyah Kudus…
Berita

Yudi Latif Sampaikan Empat Faktor Penentu Daya Tahan Suatu Bangsa

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Secara bahasa, merdeka berasal dari bahasa Sansekerta “maharddhika” yang berarti kaum terpelajar atau orang-orang bijaksana. “Sehingga makna kemerdekaan…
Berita

STIKes Muhammadiyah Tegal Implementasikan AIKA Melalui Pengajian Hari Beruhammadiyah

Tegal, Suara ‘Aisyiyah – STIKes Muhammadiyah Kabupaten Tegal mengadakan pengajian Hari Bermuhammadiyah Kabupaten Tegal, Ahad (7/8). Pengajian dengan tema “Pendidikan Holistik: Ijtihad…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.