Berita

Pengajian UMKU, Arah Gerak AUM Diharap Selaras dengan Tujuan Persyarikatan

Kudus, Suara ‘AisyiyahUniversitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menggelar pengajian rutin setiap Senin. Pekan ini, pengajian diadakan secara daring pada (14/3) dengan mengundang Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto sebagai narasumber.

Gunawan menyampaikan bahwa ada seperangkat nilai dan norma Islami yang menjadi pedoman hidup (sikap dan perilaku) sehari-hari warga Muhammadiyah. Pedoman itu meliputi kehidupan pribadi, kehidupan dalam keluarga, kehidupan dalam masyarakat, kehidupan berorganisasi, kehidupan dalam mengelola AUM, dan kehidupan dalam mengembangkan profesi.

Dalam pemahaman Islam, lanjutnya, akhlak berdimensi horizontal dan vertikal punya nilai yang berbeda. Dimensi horizontal menggunakan tolok ukur benar-salah, sedangkan dimensi vertikal menggunakan tolok ukur haq-bathil.

Baca Juga: Pengajian: Penggerak Perubahan

Dalam konteks mengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), lanjutnya, semua bentuk kegiatan harus diarahkan kepada maksud dan tujuan persyarikatan. “Setiap pimpinan dan pengelola AUM di berbagai bidang berkewajiban menjadikan amal usaha sebagai amanat umat yang harus ditunaikan dan dipertanggungjawabkan,” ujar Gunawan.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa pimpinan AUM harus berusaha meningkatkan dan mengembangkan amal usaha dengan penuh kesungguhan. Pimpinan AUM juga berkewajiban melaporkan pengelolaan kepada pimpinan persyarikatan secara bertanggung jawab dan bersedia untuk diaudit.

“Seluruh pimpinan, karyawan, dan pengelola AUM hendaknya memperteguh dan meningkatkan taqarrub kepada Allah dan memperkaya ruhani melalui pengajian, tadarus, serta kajian al-Quran dan Sunnah, ibadah, dan muamalah juga tertanam kuat dalam setiap aktivitas AUM,” terangnya. (Supardi/sb)

Related posts
Liputan

Perluas Segmen Jamaah Pengajian untuk Menebar Kebermanfaatan Aisyiyah

Chalifah, Ketua Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, mengakui tidak mudah merangkul semua segmen dalam satu pengajian. Oleh karena itu, ungkapnya saat diwawancara Suara…
Berita

Eratkan Hubungan, Pimpinan Muhammadiyah Undang Sekretaris PCNU Kota Langsa Isi Kajian

Langsa, Suara ‘Aisyiyah – Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Langsa Ismail Fahmi Arrauf mengisi kajian malam kamis di Mushalla Al-Amanah…
Berita

Pengajian PWM Jawa Tengah: Dakwah Itu Memajukan dan Menggembirakan

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Senin (25/4), Pengajian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah bersama Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menghadirkan pembicara Akhmad Arif…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.