Pengaruh Ucapan Positif Orang Tua pada Anak

Gaya Hidup Parenting 13 Jul 2021 0 73x
Ucapan Positif Pada Anak

Ucapan Positif Pada Anak

Bahasa merupakan sarana yang sangat penting dalam mengembangkan sikap, sifat, dan karakter pada anak usia dini. Sebuah bahasa juga mengandung adanya pola komunikasi yang digunakan manusia dalam berkomunikasi melalui pikiran, perasaan, suara, dan perkataan.

Dalam “Komunikasi Positif sebagai Sarana untuk Meningkatkan Penyerapan Bahasa Lisan Anak Usia Dini”, Anita Afrianingsih mengutip pendapat Hurlock (2000) yang menyatakan bahwa bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang menggunakan simbol-simbol tertentu dalam bentuk pemikiran dan perasaan sehingga timbul adanya penyampaian pesan, informasi dan makna kepada orang lain.

Ketika anak berusia 2-7 tahun, ia sudah mempu mengomunikasikan apa yang dipahami dari apa yang ia lihat sehari-harinya. Perkembangan bahasa yang dimiliki anak tersebut merupakan komunikasi verbal secara intens, yang mana kemudian ia dapat mengembangkannya dengan seluruh panca indera saat memahami sesuatu dengan caranya sendiri.

Baca Juga: Anak Suka Berbohong? Ketahui Dulu Penyebabnya

Komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak dalam sebuah keluarga membuktikan adanya hubungan yang kuat antara orang tua dan anak tersebut. Kata-kata positif yang diucapkan kepada anak setiap hari akan mampu membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Oleh karena itu, orang tua perlu mempelajari keterampilan komunikasi secara efektif untuk menguatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Mengutip hellosehat.com, cara bicara orang tua dengan anak juga perlu diperhatikan. Apakah suara Anda terdengar sabar, lembut, dan penuh kasih? Jika jawabannya tidak, pikirkanlah lagi apa yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya. Pasalnya, cara bicara orang tua dengan anak itu penting.

Alasan di balik pentingnya cara bicara yang positif antara orang tua dengan anak di antaranya adalah: pertama, cara bicara yang posistif akan membantu anak agar lebih menurut; kedua, bicara kasar justru menumbuhkan sikap negatif; ketiga, anak belajar dari perilaku orang tuanya; keempat, anda memiliki hubungan yang lebih kuat dengan anak.

Dapat disimpulkan bahwa orang tua perlu memperlajari cara berkomunikasi yang baik dan benar secara efektif. Hal ini karena keluarga –terutama orang tua– merupakan pengaruh utama dalam pembentukan karakter diri pada seorang anak. (Fathia*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

Anita Afrianingsih. 2016. “Komunikasi Positif sebagai Sarana untuk Meningkatkan Penyerapan Bahasa Lisan Anak Usia Dini”. Jurnal Tarbawi. Vol. 13. No. 2.

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/cara-bicara-orangtua-dengan-anak/

https://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/55-kalimat-positif-yang-memompa-semangat-anak

Tinggalkan Balasan