Berita

Peningkatan Kesehatan Lansia Melalui Pengabdian Masyarakat di PRA Giripeni

Kulonprogo, Suara ‘Aisyiyah – Pada tanggal 24 Februari 2024, dalam rangka memperingati Milad Posyandu Lansia ‘Aisyiyah Sakinah yang ke-19, Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Giripeni bekerja sama dengan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kesehatan kognitif lansia di wilayah Giripeni, Wates.

Kegiatan ini dipimpin oleh Siti Sholikhuh, Pimpinan Ranting Aisyiyah Giripeni. Dia adalah sosok yang berdedikasi dalam memperjuangkan kesehatan dan kesejahteraan lansia di wilayahnya. Dalam sambutannya, Sholikhuh menekankan bahwa kesehatan lansia merupakan aspek penting yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari kita semua.

Pemateri utama dalam acara ini adalah Ns. Zubaida Rohmawati, seorang dosen dari UNISA Yogyakarta. Dia memberikan materi tentang pentingnya menjaga kesehatan kognitif lansia. Dalam materinya, Zubaida menekankan pentingnya perawatan dan perhatian terhadap kesehatan mental dan fisik lansia. Selain itu, Zubaida juga memberikan pelatihan senam otak yang bertujuan untuk merangsang aktivitas otak dan menjaga kesehatan mental lansia.

Baca Juga: Pengelolaan Keuangan Pekerja Migran 

Lebih dari 100 orang hadir dalam kegiatan ini, mulai dari lansia itu sendiri, anggota posyandu, hingga mahasiswa UNISA yang turut serta membantu dalam pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tensi dan gula darah gratis yang dilakukan oleh tim medis serta mahasiswa UNISA yang telah terlatih.

Nurul Hasanah A., selaku Sekretaris Posyandu Lansia ‘Aisyiyah “Sakinah” menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dari UNISA Yogyakarta dan seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Beliau berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, kesehatan lansia di wilayah Giripeni dapat terus terjaga dan meningkat.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya lansia. Ini juga menjadi contoh kolaborasi yang baik antara lembaga pendidikan tinggi dan masyarakat dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan untuk kepentingan bersama. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. (Landung)

 

Related posts
Berita

Kolaborasi UHAMKA dan UNIMAR pada Pengelolaan Obat di UKS SDS Muhammadiyah 16 dan 52 Bukit Duri

Bukit Duri, Suara ‘Aisyiyah – Tim Dosen Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Farmasi dan Sains serta Fakultas Kedokteran UHAMKA berkolaborasi dengan Tim Dosen…
Berita

Pengabdian Masyarakat, Dosen UMMI Adakan Baitul Arqam

Sukabumi, Suara ‘Aisyiyah – Pada tanggal 22 dan 23 April 2024 bertempat di Hotel Sukabumi Indah telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat…
Berita

Anak Muda Muslim Responsif Terhadap Dampak Perubahan Iklim

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dampak perubahan iklim menjadi isu penting saat ini. Dampaknya sudah dirasakan seperti cuaca ekstrem, suhu panas udara yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *