Pentingnya Manajemen Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Berita 1 Jun 2020 0 179x

Malaysia, Suara ‘Aisyiyah- Kesehatan sangat penting dalam menopang keberlangsungan hidup manusia dalam menebar kebermanfaatan dan kebaikan bagi kehidupan alam semesta. Melalui kajian online PCIA Malaysia mengadirkan dr. Sandra, seorang dokter asal Riau yang mengabdikan diri di Rumah Sakit Hal Ehwal.

Pentingnya Manajemen Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam kajian tersebut, dr. Sandra memaparkan terkait menajemen stres. Dalam tubuh manusia, ungkapnya terdapat hormon yang mampu menjaga imunitas tubuh. Untuk menjaga hormon yang baik tersebut, harus meminimalisir stres. Stres sendiri pengaruh dari apa yang dibaca, didengar dan apa yang dilihat sehari-hari.

Seiring lajunya perkembangan media sosial. Berbagai artikel, video hoaks yang cenderung ke arah fitnah, kebencian, kekejaman tentu dapat menjadi sumber stres. Sandra menekankan, untuk memfilternya terlelih dahulu sebelum dikonsumsi.

Tidak kalah penting, menjaga kesehatan organ vital seperti jantung dan paru-paru juga perlu dilakukan. Memperkuat organ vital tersebut dapat dilakukan dengan senam ringan secara rutin dan menghentikan aktivitas merokok baik secara langsung atau tidak langsung.

“Paru-paru harus dijaga dari asap rokok, terlebih pada saat pandemi seperti sekarang ini, mengingat yang diserang covid-19 adalah paru-paru,” paparnya.

Selanjutnya, istirahat cukup dengan memperhatikan pola tidur 6-8 jam. Hal ini yang sangat berharga untuk menjaga kesegaran tubuh. Karena, ketika tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel yang sudah mati.

Terakhir, kesehatan bathiniyah. Dengan menegakkan sholat tepat waktu, memperbanyak doa, dzikir, shalawat, membaca al-Qur’an, yang diliputi rasa berserah diri kepada Allah (bertawakal ‘alallah). “Jika diaplikasikan dengan baik, kegiatan spiritual ini dampaknya luar biasa terhadap ketenangan jiwa,” paparnya.

Nita Nasyitah selaku Ketua sangat mengapresiasi berlangsungnya kajian ini. Ia juga berharap semoga semua keluarga dan warga tetap sehat, tangguh, sabar, bergembira menjalani kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan amanah organisasi. (Shoimah)

Leave a Reply