Peringati Milad ke-56, Kokam Jepara Ziarah ke Makam Komandan Kokam Pertama Jepara

Berita 5 Okt 2021 0 37x

Jepara, Suara ‘Aisyiyah – Memperingati milad Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) yang ke- 56, Badan Pelaksana Operasional (BPO) Kokam Jepara mengadakan pelatihan Taruna Melati dan ziarah ke makam kokam senior. Kegiatan ini dilakukan pada Ahad (3/10).

Dalam kegiatan kali ini, BPO Kokam Jepara beserta jajarannya berziarah ke makam Abdul Rosyid. Abdul Rosyid adalah anggota Kokam Plajan yang dimakamkan di pemakaman Dukuh Lendoh, Plajan Pakis Aji Jepara.

Hadir dalam ziarah ini Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Jepara Roy Alviantoro, Komandan BPO Kokam Jepara Basor Achirudin, Ketua PDPM Demak Agung Prasetyo, Ketua PRPM Plajan Edy Sofwan, dan Komandan Kokam Plajan Muhammad Sa’roni.

Baca Juga: Jenderal Soedirman: Jadi Kader Muhammadiyah Itu Berat

Ketua PDPM Jepara Roy Alviantoro seusai ziarah mengatakan, “tujuan dari ziarah ini adalah untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan beliau almarhum Abdul Rosyid dalam membesarkan Kokam Pemuda Muhammadiyah di masanya”.

Ali Rosyid adalah Komandan Kokam perdana Pemuda Muhammadiyah Jepara. “Tentu beliau memiliki rekam jejak yang sangat panjang dalam perjuangannya membesarkan Kokam dan pengabdiannya untuk persyarikatan. Hal itulah yang seharusnya dapat diilhami oleh para generasi muda penerus tampuk kepemimpinan Kokam hari ini,” imbuh pria asal Pecangaan itu.

Roy juga menerangkan, cara mengharagai jasa dan perjuangan para pendahulu Kokam adalah dengan sungguh-sungguh dalam menghidupkan Kokam. Supaya organisasi besar ini tidak mati termakan oleh sejarah.

Sebelum tiba di makam, kegiatan pelatihan ini diawali dengan upacara pembukaan di lokasi puncak Gunung Salak, di Dukuh Salak, Desa Plajan Pakis Aji, Jepara. Api unggun juga korbankan semangat jiwa Kokam dalam renungan malam dan ramah tamah. Pembacaan ikrar janji dikumandangkan semua peserta pelatihan. Rintangan dalam perjalanan setapak untuk mencapai finish pelatihan dengan start upacara pembubaran pelatihan Taruna Melati oleh Ndan Roy. (Kusnitah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *