Berita

Perkuat Sistem Kesehatan Nasional, Muhammadiyah Teken MoU dengan Kemenkes RI

MoU Muhammadiyah-Kemenkes

Jakarta, Suara ‘AisyiyahSelasa (3/1), PP Muhammadiyah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Penandatanganan MoU itu dilatarbelakangi kesadaran bahwa sistem kesehatan nasional merupakan tonggak utama bagi ketahanan sebuah bangsa.

Selain itu, tantangan globalisasi menuntut tersedianya teknologi kesehatan yang mapan beserta sumber daya manusia berkualitas sebagai prasyarat persaingan antara bangsa. Penandatanganan MoU bertempat di Aula lantai 6 Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah Jakarta.

MoU ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Dalam pidatonya, Menkes RI menyatakan kerja sama ini sebagai visi jangka panjang dalam upaya percepatan transformasi sistem kesehatan nasional, sehingga jika terjadi krisis kesehatan serupa di masa depan, Indonesia akan tetap aman.

Menurut Budi, kerja sama ini terkait transformasi dalam bidang layanan kesehatan, fasilitas kesehatan, sistem pemerataan akses kesehatan, teknologi dan industri kesehatan, hingga integrasi antara kesehatan dengan dunia pendidikan, dan berbagai bidang strategis lainnya.

Baca Juga: Sekolah Bidan Aisjijah, Kontribusi Aisyiyah Lahirkan Tenaga Kesehatan Islam di Indonesia

Dipilihnya Muhammadiyah sebagai mitra, kata Budi, karena Muhammadiyah adalah organisasi yang paling siap, baik dari segi infrastruktur dan fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, good governance, hingga kesatuan komando dari Pimpinan Pusat.

Menyambung Budi, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa transformasi bukanlah hal baru bagi Persyarikatan, terutama dalam sepuluh tahun terakhir pasca Muktamar ke-47 di Makassar.

InsyaAllah Muhammadiyah siap dengan langkah transformasi Indonesia secara keseluruhan karena transformasi bukan hanya tema, tapi proses yang kami bangun sejak muktamar di Makassar tahun 2015. Transformasi Muhammadiyah menjadi gerakan yang modern, maju, dan profesional,” ujarnya.

Dengan kerja sama ini, Haedar berharap Muhammadiyah yang telah memberikan pelayanan kesehatan hingga pelosok terjauh di seluruh Indonesia dapat bekerja lebih banyak untuk memajukan umat, bangsa, dan kemanusiaan semesta. (ppm/sb)

Related posts
Berita

Haedar Nashir Mendorong agar Indonesia Punya Sistem Kesehatan Nasional yang Tangguh

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan gerakan…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *