Berita

Perlunya Peran Keluarga dalam Menghadapi Demensia, Ini Penjelasan Dosen Ilmu Keperawatan UNISA Yogyakarta

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Peringati Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional ke-27 tanggal 29 mei 2023 dengan tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, dimanfaatkan Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah dengan menghadirkan Wakil Rektor 2 yang juga merupakan Dosen  Ilmu Keperawatan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Yuli  Isnaeni.  Adapun topik yang diangkat adalah  “Dimensia dan Lansia” yang dilaksanakan melalui siaran langsung di akun Instagram resmi @aisyiyahpusat, Senin (29/05).

Yuli menjelaskan bahwa demensia merupakan kondisi menurunnya cara berfikir dan daya ingat seseorang yang biasanya terjadi pada lansia usia 60 tahun ke atas. Kondisi ini pun dapat mempengaruhi gaya hidup, aktivitas sehari-hari, hingga kemampuan bersosialisasi penderitanya.

“Kalau di masyarakat lebih dikenal dengan pikun, tapi rasanya kata tersebut kurang relevan lagi,” ungkap Yuli.

Lebih lanjut, Yuli mengungkapkan perlu adanya lima peran keluarga dalam menghadapi demensia. Pertama, mengenali masalah yang di alami oleh lansia, sehingga perlu adanya pengetahuan untuk dapat memahami.

Baca Juga: Manfaat Aktivitas Fisik dan Olahraga Bagi Lansia

Kedua, mengambil keputusan untuk merawat dengan baik dan bermartabat. Ketiga, merawat pasien demensia dengan keramahan di dalam keluarga untuk memulihkan daya ingat. Keempat, mendampingi pasien demensia dalam bentuk pemeriksaan kesehatan. Kelima, pemberian gizi yang seimbang dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

“Berbakti terhadap orang tua dalam Islam sering disebut birrul walidain dan hal ini sifatnya wajib,” tegas Yuli.

Ia menambahkan, hal tersebut juga untuk merefleksikan makna di dalam Q.S al-Isra ayat 28 yang artinya, “dan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang lemah lembut.” (Sinta/sa)

Related posts
Berita

Gerakan Perempuan Berkemajuan 'Aisyiyah Lahir Genuin dari Ajaran Islam

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri Resepsi Milad ke-107 ‘Aisyiyah yang digelar di Universitas ‘Aisyiyah…
Berita

Tri Hastuti: Gerakan Praksis Aisyiyah, Keberpihakan pada Kelompok Termarginalkan

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – “Gerakan praksis bukan praktik namun dilandasi nilai perjuangan dan menjadi aksi nyata seperti yang dilakukan ‘Aisyiyah dengan mendirikan…
Berita

Pengajian Ramadan PP Aisyiyah, Syafiq Mughni Sampaikan 6 Prinsip Dakwah Kemanusiaan Muhammadiyah

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah adalah organisasi dan gerakan dakwah. Dakwah Muhammadiyah ini dilakukan dalam ranah keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Dalam Pengajian…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *