Berita

Pesan Ketua Umum IDAI: Jangan Sepelekan Omicron

Jakarta, Suara ‘AisyiyahSabtu (26/2), akun Instagram @pandemictalks mengadakan siaran langsung membahas tentang “Jangan Sepelekan Omicron dan Lindungi Anak Indonesia!” Acara ini menghadirkan Piprim Basarah Yanuarso selaku Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Aman Bhakti Pulungan selaku Eksekutif Direktur International Pediatric Association.

Piprin menyampaikan bahwa dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada lebih 2.000 pasien yang terkena virus omicron, dan 3% di antaranya adalah balita. Kondisi ini, menurutnya, cukup memprihatinkan. Ia juga menyayangkan masih adanya pandangan yang menyepelekan Covid-19.

“Kita semua juga tidak bisa menganggap bahwa anak-anak itu akan aman dari omicron, karena dari faktanya ada 2 (dua) orang anak yang dirawat dengan penurunan fungsi jantung. Yang terbaru ada anak berumur 16 tahun memiliki penyakit bawaan obesitas,” ujarnya.

Baca Juga: Muhammadiyah DIY Antisipasi Potensi Gelombang Tiga Covid-19 Varian Omicron

Lebih lanjut, Piprim mengatakan, merupakan sebuah hal yang sembrono/terburu-buru jika beranggapan bahwa anak-anak aman dari Covid-19 (omicron). Oleh karenanya, ia meminta agar anak dijaga dengan baik oleh orang tua agar tidak terpapar virus.

Senada dengan Piprim, Aman Bhakti Pulungan menambahkan bahwa salah jika menganggap virus omicron ini ringan. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa omicron juga bisa menyebabkan gejala berat serta kematian kalau tidak ditangani dengan baik. “Apalagi jika anak-anak belum diberikan imunisasi yang lengkap dan ada anak-anak yang komorbid,” terang Aman. (husein/sb)

Related posts
Berita

Muhammadiyah Hadapi Covid-19 dengan 3 Nilai Ini

Bandung, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah menghadapi pandemi Covid-19 dengan menerapkan 3 nilai utama, yaitu sesuai dengan prinsip imaniah yang benar, prinsip ilmiah…
Wawasan

Tahun 2022: Optimis Hadapi Covid-19

Oleh: Agus Samsudin Mengakhiri tahun 2021, tidak terasa hampir 2 tahun tepatnya 20 bulan mengelola MCCC. Sungguh pengalaman yang membanggakan sekaligus keprihatinan,…
Berita

Sinergi Bank BPD DIY Syariah dan Lazismu DIY Berikan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pandemi masih memberikan kesan perhatian akan masalah di setiap sisi lini kehidupan, termasuk dalam keluarga. Lebih dari 1000…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.