Pidato Lengkap Ketua Umum PP Aisyiyah dalam Tanwir Aisyiyah 2021

Berita 4 Sep 2021 0 76x

Oleh: Siti Noordjannah Djohantini

Assalamu’alaikum wr. wb.

Pertama marilah kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah yang tidak terhitung dan terbentang luas di alam semesta ini. Kesyukuran dan kesabaran kita saat ini diuji dengan musibah pandemi Covid-19. Tanwir Bersama Aisyiyah-Muhammadiyah yang ke-2 dilaksanakan dalam suasana keprihatian karena waktu terakhir ini korban Covid baik yang terpapar maupun meninggal meningkat berlipat dibanding tahun yang lalu.

Masa pandemi sudah berjalan tahun ke-2 memunculkan dampak yang semakin kompleks dalam berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, kemiskinan, dan kesenjangan sosial yang semakin tinggi. Secara khusus dampak pandemi sangat dirasakan bagi perempuan dan anak yang setiap terjadi bencana menjadi salah satu kelompok yang rentan.

Dampak sosial pandemi, seperti meningkatnya beban dalam mengurus atau perawatan (unpaid care work) yang dilakukan untuk keluarga semakin berat karena berbagai kegiatan dan pekerjaan banyak dilakukan dari rumah sebagai konsekuensi kebijakan PSBB dan kebijakan lainnya. Meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), permasalahan akses dan masih lemahnya kemampuan beradaptasi secara cepat dalam penggunaan teknologi secara online sementara berbagai kegiatan dan pekerjaan banyak dilakukan dari rumah menggunakan IT termasuk dalam pendampingan belajar anak. Pembelajaran daring juga menemui kendala bagi perempuan dan keluarga pada umumnya karena minimnya pembiayaan dan akses. Selain itu dampak sosial Covid menimpa bagi anak-anak salah satunya banyak anak yang menjadi yatim-piatu karena ditinggalkan oleh orang tuanya terkait Covid.

Naskah selengkapnya dapat diunduh di sini: Pidato Lengkap Ketua Umum PP Aisyiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *