Berita

PKBM Aisyiyah Gowa: Selamatkan Generasi Muda melalui Pendidikan

Gowa, Suara ‘Aisyiyah – Satu-satunya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ‘Aisyiyah di Kabupaten Gowa adalah yang dikelola oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Palangga, yang bertempat di Musala Ukhuwah Al-Ghifari, di Komunitas Pemukiman Pemulung, Desa Bontoala, Kecamatan Pallanga, Kabupaten Gowa.

PKBM PCA Pallanga adalah sebagai pusat pendidikan non-formal di bawah naungan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Gowa. PKBM ‘Aisyiyah dipandang strategis dalam membantu mewujudkan pendidikan anak, terutama anak usia pra-sekolah.

“Peran PKBM sangat penting karena langsung berhadapan dengan masyarakat sebagai khaira ummah dalam upaya amar ma’ruf nahi mungkar, terutama dalam pendidikan anak,” ujar Mardiana Uddin selaku Sekertaris Majelis Tabligh PDA Gowa, Kamis (7/10).

Baca Juga: Pengajian: Wadah Gerakan Ilmu ‘Aisyiyah

Kegiatan yang dilakukan di PKBM ‘Aisyiyah Gowa ini adalah kegiatan membaca al-Quran metode Iqro, baca tulis latin, serta pembinaan akidah dan akhlak secara dini dengan mengandakan praktik-praktik  ibadah praktis serta salat berjamaah usai kegiatan kepada anak-anak.

Selain kegiatan tersebut juga diadakan pengajian rutin setiap bulan bagi ibu-ibu serta pelatihan pemberdayaan ekonomi umat. Khusus kepada anak-anak, ada kegiatan yang menyenangkan, seperti lomba dan festival anak saleh yang bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. (mu)

Related posts
Berita

Tri Hastuti Dorong Warga Aisyiyah Kawal Demokrasi di Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Menghadapi momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, banyak pertanyaan dari warga ‘Aisyiyah menyangkut pilihan dan keberpihakan ‘Aisyiyah. Sekretaris Umum…
Berita

Ikhtiar Wujudkan Pemilu Inklusif dan Berkeadaban, PP Aisyiyah Adakan Madrasah Politik Perempuan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) PP ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Program Inklusi ‘Aisyiyah pada Sabtu (20/1) mengadakan…
Perempuan

The History of Women Ulama’s Thought

By: Samia Kotele* The autonomy of women in Southeast Asia, both economically, socially, and politically has received particular attention from historians. Women…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *