PKM Fikom Unisba Bersama ‘Aisyiyah Lakukan Kegiatan Penguatan Ekonomi Melalui Media Digital

Berita 9 Apr 2021 0 95x
Berita Aisyiyah

Kegiatan PKM Fikom Unisba dengan ‘Aisyiyah

Bandung, Suara ‘Aisyiyah – PKM Fikom Unisba bekerjasama dengan ‘Aisyiyah dalam melaksanakan kegiatan “Pemberdayaan Perempuan dalam Memanfaatkan Media Digital untuk Penguatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19″. Diadakannya kegiatan ini karena banyaknya usaha-usaha yang gulung tikar di masa pandemi, maka dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat harus memutar otak agar tetap mendapatkan penghasilan, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media digital.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari Jumat, 2 April 2021 sampai dengan Sabtu, 3 April 2021.  Pelaksanaan online dilaksanakan pada tanggal 2 April 2021, melalui zoom meeting dengan diawali oleh sambutan dari kedua belah pihak. Fikom Unisba diwakili oleh ketua PKM Fikom Unisba Tia Muthiah Umar dan Etty S. Mulyati dari Aisyiyah Kota Bandung.

“Kami berharap kegiatan pengabdian yang kami lakukan dapat memotivasi ibu-ibu aktivis Aisyiyah untuk maju secara ekonomi meski keadaan pandemi belum juga berakhir,” ujar Tia selaku Ketua PKM Fikom Unisba Bandung.

‘Aisyiyah itu sendiri merupakan organisasi perempuan tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1917 dan kebermanfaatan ekonomi menjadi salah satu bidang yang sedang ditingkatkan dan digalakkan sebagaimana visi Aisyiyah, yaitu tertatanya organisasi dan jaringan pemberdayaan ekonomi keluarga.

Selanjutnya, pada Sabtu 3 April 2021 dilaksanakan secara offline dengan pemaparan materi dari MyUKM dan juga simulasi langsung bersama MyUKM dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pemaparan materi mengenai permasalahan market place. Materi dimulai dengan pembahasan hutang investasi yang berakibat pada penekanan produksi, prinsip yang harus ada di dalam sebuah pasar yaitu transaksi dan kepercayaan, sampai tentang bahwa kita harus membuat tim ketika terjun ke market place.

“Di dalam sebuah transaksi yang terpenting itu prinsip kepercayaan. Ketika kita sudah tahu prinsipnya, maka kita akan siap secara psikologis dan juga mental ketika ada sesuatu yang menyimpang dari kedua prinsip tersebut”, ujar Arie Noordiansyah selaku pembicara dari MyUKM.

MyUKM sendiri adalah komunitas atau lembaga yang berbentuk koperasi dan memiliki visi, yaitu proteksi terhadap keberlangsungan produksi, proteksi terhadap prinsip kepercayaan. Adapun misi dari MyUKM adalah melakukan proteksi kegiatan ekonomi di e-commerce. Juga mempunyai prinsip yaitu keadilan ekonomi.

Sesi kedua, yaitu praktik bagaimana pengambilan foto untuk kemudian diposting di media sosial para peserta. Dimulai dari latar belakang yang tidak harus terlalu banyak, sampai peletakan cahaya yang bisa dari matahari atau dari cahaya lampu. “Maka dari itu kita harus buat tim, agar bisa bekerja sama dan saling menutupi bidang yang bukan keahlian kita”, ujar Regi Pratama Rizqi, salah satu pembicara MyUKM.

Kontributor: Yuli Anti 

Tinggalkan Balasan