Berita

PR IPM SMK Muhammadiyah 3 Ngimbang Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

Lamongan, Suara ‘AisyiyahPesatnya perkembangan teknologi menjadi bukti hadirnya era digital di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Perkembangan tersebut tentu saja membawa perubahan ke segala bidang, terutama pada dunia jurnalistik.

Menurut Fathan Faris Saputro, hadirnya teknologi di kehidupan masyarakat harus diiringi dengan profesionalitas seorang jurnalis. Selain itu, menurutnya, perkembangan teknologi juga bisa menjadi tolok ukur integritas seorang jurnalis.

“Meski ada dua dampak yang akan timbul, seorang jurnalis harus bisa memanfaatkan hadirnya teknologi di dunia jurnalistik,” katanya saat menyampaikan materi pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 3 Ngimbang yang bertempat di Aula SMKM 3 Ngimbang, Ahad (27/3).

Baca Juga: Jika Tidak Mau Ketinggalan, Muhammadiyah Harus Berlari Mengikuti Perubahan Zaman

Lanjutnya, salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang harus diamini oleh seorang jurnalis, yaitu membuat masyarakat tertarik dengan berita yang ditulis dalam bentuk digital. Ia mengatakan, hal itu tentu saja akan berdampak pada algoritma atau tingkat baca masyarakat yang akan meningkat. “Algoritmanya itu ada jika tingkat baca masyarakat tinggi,” terangnya.

Meski menggunakan teknologi, seorang jurnalis tidak boleh melupakan hakikat jurnalisme sendiri. Hal ini bertujuan agar dirinya tetap memiliki kualitas yang baik dalam menyajikan informasi. Wartawan, kata Faris, tugasnya adalah mencari fakta dan kebenaran.

Kemudian, kata dia, adanya perkembangan teknologi ini juga bisa berdampak pada sulitnya mengumpulkan data atau informasi dari narasumber yang terkait. Faris menekankan kepada jurnalis agar bisa mengimbangi dan memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin. “Jurnalis harus bisa menggunakan teknologi sebaik mungkin,” tutupnya. (ffs/sb)

Related posts
Berita

UKM Jurnalistik STIKes Muhammadiyah Tegal Adakan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa

Tegal, Suara ‘Aisyiyah – Program Studi S1-Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Tegal menggelar pelatihan Jurnalistik Kampus dan pelatihan desain dengan…
Berita

Tradisi Keilmuan 'Aisyiyah Abad Kedua, LLHPB PDA Jepara Adakan Pelatihan Jurnalistik pada Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah LKSA

Jepara, Suara ‘Aisyiyah- Mekanisme tradisi keilmuan, merupakan salah satu agenda strategis dari pokok pikiran Aisyiyah Abad Kedua. Salah satu ikhtiarnya, dengan melatih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.