PR TB Care ‘Aisyiyah Launching Buku Seri Knowledge Management

Berita 17 Nov 2019 0 48x

Sleman, Suara ‘Aisyiyah- Masih dalam rangkaian Tasyakur Akbar pada pada Ahad, (17/11) di halaman Kampus Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Sleman. TB Care ‘Aisyiyah menggelar launching Buku Seri Knowledge Management Community TB Care ‘Aisyiyah, Menemukan, Mendampingi, Memberdayakan: Peran TB Care ‘Aisyiyah dalam Eliminasi Tuberkulosis di Indonesia. Buku ini memaparkan perjalanan panjang usaha dakwah ‘Aisyiyah, dalam bidang kesehatan khususnya dalam pemberantasaan TBC.

PR TB Care ‘Aisyiyah Launching Buku Seri Knowledge Management (Dok. Suara ‘Aisyiyah)

TB Care ‘Aisyiyah telah berlangsung sejak tahun 2003. Program penanggulangan TBC berbasis komunitas di Indonesia Pricipal Recipient (PR) TB Care ‘Aisyiyah ini bawahi langsung oleh organisasi ‘Aisyiyah. Program kerjasama tersebut bertujuan untuk mengeliminasi penyakit TBC, dan merupakan salah satu gerakan nyata praktis sosial.

Dijelaskan oleh Dewan Pembina PR TB Care ‘Aisyiyah, Siti Aisyah bahwa ini merupakan Jihad Almuwajahah, yakni salah satu strategi pencerahan. “Jihad tersebut berupa mengentaskan penyakit TBC, serta membantu orang-orang yang terkena sakit, kemudian saat sembuh diberdayakan untuk dapat menjadi pribadi mandiri, dan kuat,”. Inilah Jihad Almuwajjahah jihad yang melayani, khususnya dalam bidang kesehatan.

 “4 jilid buku yang memaparkan perjalanan panjang dan inspiratif yang dilakukan baik secara kelembagaan maupun oleh kader dalam melayani, mengenalkan ‘Aisyiyah, bertemu dengan masyarakat di tingkat grassroot harapannya masyarakat lebih mengenal ‘Aisyiyah,” tuturnya.

Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah memaparkan bahwa proses yang panjang yakni lebih dari 10 tahun yang sarat pengalaman dan pengetahuan ini mesti ditularkan dan disebarluaskan. Sebagai wujud knowledge management atau mengelola pengetahuan dari apa yang sudah dilakukan. “Saya usul ada seri-seri kecil khusus kaitannya dengan dakwah ‘Aisyiyah melalui eliminasi TB ini. Bisa dilakukan dengan membuat buku seri kecil-kecil maupun videonya nanti,” ungkapnya.

Didampingi jajaran PP ‘Aisyiyah, Noordjannah secara resmi me-launching Buku Seri Knowledge Management Community TB Care ‘Aisyiyah, Menemukan, Mendampingi, Memberdayakan: Peran TB Care ‘Aisyiyah dalam Eliminasi Tuberkulosis di Indonesia. Dengan membuka tirai cover, menyerahkan buku kepada perwakilan 14 provinsi/Sub Recipient (SR) TB Care ‘Aisyiyah serta menerbangkan balon. (Gustin Juna)

Leave a Reply