Berita

Praktik Belajar Lapangan Kesehatan Masyarakat Terintegrasi Unmuha Ditutup

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah Selasa (14/2), bertempat di Kantor Camat Ulee Kareng, Praktik Belajar Lapangan (PBL) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Terintegrasi TA 2021/2022 yang dilaksanakan di 3 Gampong di Kecamatan Ulee kareng resmi ditutup. Penutupan PBL Kesmas dihadiri langsung oleh Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Nuraihan, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Asnawi Abdullah, serta Sekretaris Camat Ulee Kareng Herry Munady dan Kepala Puskesmas Ulee Kareng, Malahayati.

Ketua pelaksana kegiatan PBL Tahara Dilla Santi mengucapkan terima kasih kepada Dinkes Kota Banda Aceh, Camat Ulee Kareng dan jajarannya, geuchik Gampong Ceurih, Ilie, dan Pango Deah beserta seluruh kepala dusun di wilayah tersebut. “Mahasiswa telah belajar dan memahani sosial kultural masyarakat di 3 Gampong dan mendata berbagai permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat serta memberikan intervensi dalam upaya pemecahan masalah tersebut,” terangnya.

Adapun bentuk intervensi yang dilaksanakan antara lain mengadakan lomba mewarnai oleh siswa PAUD, lomba CTPS, dan penyuluhan gampong gleh gampong sehat. “Intervensi lainnya edukasi penyuluhan menabung sejak dini, edukasi kebersihan diri, gigi dan mulut pada anak, edukasi perilaku PHBS pada anak, praktik cuci tangan 6 langkah, pembuatan handsanitizer, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar glukosa darah, dan masih banyak lagi,” imbuh Dilla.

Baca Juga: Menanamkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi kapada Remaja

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unmuha menyampaikan rasa bangga kepada mahasiswa yang telah mampu mendata permasalahan kesehatan dan melaksanakan berbagai intervensi terkait permasalahan tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini, termasuk di tingkat Gampong.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Kesehatan Kota Banda Aceh Nuraihan menyampaikan, “ke depannya, pelaksanaan PBL dapat diintegrasikan ke dalam aspek-aspek yang lebih luas lagi”.

Ia memuji keseriusan mahasiswa dalam mendata permasalahan yang ada, sehingga menghasilkan suatu analisis permasalahan. Melalui sambutannya, ia juga mengingatkan untuk menjaga prokes guna mencegah terinfeksi Covid-19 yang mulai ditemukan kasusnya di kota Banda Aceh.

Dalam kesempatan yang sama, Sekrataris Camat Herry Munady mengimbau agar para mahasiswa dapat mengambil hal-hal positif selama belajar di 3 Gampong. “Apabila ada hal-hal yang masih menjadi permasalahan kesehatan harap dapat dijadikan sebagai tema tugas akhir atau skripsi,” ujarnya.

Pada acara ini, Herry secara simbolis menyerahkan kembali mahasiswa kepada Asnawi, setelah melaksanakan kegiatan PBL di Gampong selama 2 minggu. Dekan juga memberikan cinderamata kepada Dinkes Kota Banda Aceh, Camat Ulee Kareng, Kepala Puskesmas Ulee Kareng, dan Dompet Dhuafa. (Agusnaidi B/sb)

Related posts
Berita

Melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Rektor Unmuha Berharap Kompetensi Dosen Meningkat

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur resmi membuka acara seminar proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat…
Berita

Di Hadapan Wali Mahasiswa, Rektor Unmuha Sampaikan Prestasi dan Perkembangan Kampus

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada orang tua mahasiswa yang telah…
Berita

Hadiri Wisuda, Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Apresiasi Pencapaian Unmuha

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Selasa (29/3), Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) membuka acara Wisuda Ahli Madya, Sarjana, dan Magister ke-42 semester…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.