Presiden Jokowi Resmikan Kampus Terpadu Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Berita 11 Sep 2021 0 137x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertandang ke Kampus Terpadu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah di Sedayu, Bantul, Jumat (10/9). Kehadiran Presiden ke Muallimin adalah untuk penandatanganan prasasti dan meresmikan Kampus Terpadu Mu’allimin Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan Mu’allimin adalah madrasah yang bersejarah bagi Muhammadiyah. “Lahir tahun 1918, lalu tahun 1923 namanya Kweek School, pakai nama sekolah, ya. Jadi sekolah perguruan. Tetapi karena 10 tahun menggunakan istilah Kweek School itu banyak diintimidasi oleh regulasi Pemerintah Kolonial –harus menyesuaikan dengan aturannya– maka diubah menjadi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Tetapi intinya sama dengan tujuan awalnya, yakni sekolah untuk menghasilkan pemimpin dan sekolah untuk menghasilkan pendidik,” tutur Haedar.

Baca Juga: Fonds-Dachlan: Program Internasional Pertama Muhammadiyah

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meninjau sarana dan prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar-mengajar santri Mu’allimin. Selepas peninjauan itu, barulah Presiden menandatangani tiga prasasti dari bangunan yang sudah siap digunakan, yakni gedung kampus, rumah susun, dan Masjid Hj. Yuliana.

Hadir dalam momen tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Ketua Tim Pengembangan Mu’allimin Buya Syafii Maarif. (sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *