Berita

PRM Burikan Kota Kudus Adakan Silaturahmi Syawal

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Burikan Kota Kudus pada Ahad (22/5) menggelar pengajian selapanan dan silaturahmi Syawal di Gedung Dakwah Muhammadiyah Burikan. Pengajian ini diawali dengan sambutan Ketua PRM Burikan, Supardi.

Ia menyampaikan bahwa PRM Burikan siap menerima dan menyalurkan hewan kurban para jamaah. “Kami mengadakan pengajian selapanan bersamaan dengan momentum syawalan, dengan tujuan sambil ber-halal bi halal, sebagai bentuk silaturahmi dan saling memaafkan antarjamaah dan simpatisan Muhammadiyah di Desa Burikan dan sekitarnya,” ujarnya.

Baca Juga: Inovasi Pengajian dengan Pendekatan Manhaj Tarjih

Nailul Huda yang bertindak sebagai pemateri dalam pengajian ini menjelaskan bahwa halal bi halal merupakan istilah yang sering digunakan saat akan mengadakan pertemuan usai Idulfitri. “Halal bi halal tersebut dengan tujuan saling menghalalkan agar kita terhindar dari kerugian di hari akhir. Silaturahmi juga akan meningkatkan rasa kedamaian dari pihak yang bertikai atau terlibat dalam kesalahpahaman terhadap sesuatu,” kata dia.

Salah tugas Rasulullah diutus, lanjut Nailul, adalah untuk memberikan penerangan terhadap pelaksanaan ajaran Islam dengan baik dan benar. Ia menyampaikan, “agama Islam adalah agama yang hanif, menjauhi kesyirikan dan menguatkan tauhid. Islam sebagai agama yang lurus (al-hanifiyyah) dan lapang (as-samhah) adalah agama yang mempunyai karakteristik ringan dan mudah, sehingga Rasulullah melarang umatnya dalam memahami dan mengaplikasikannya untuk tasaddud (berlebihan), perfeksionis, pesimistik, dan beribadah sepanjang waktu”.

Menurutnya, Islam merupakan agama yang di tengah-tengah; bukan agama yang lembek, bukan pula agama yang keras. Bukan agama yang mengajarkan untuk bermalas-malasan. Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia. Dalam beribadah, Islam bukan agama yang memberatkan. (Supardi/sb)

Related posts
Berita

PP Muhammadiyah Jamu Kunjungan Pemerintah Singapura

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Muhammadiyah menjamu kunjungan pemerintah Singapura, Ahad (4/9). Ditemani Duta Besar Singapura, Menteri Pendidikan, dan Menteri Agama Singapura,…
Berita

PP Muhammadiyah dan PBNU Siap Bergandengan Tangan Lebih Erat

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima silaturahmi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ahad (4/9). Pertemuan dua pimpinan organisasi Islam terbesar…
Berita

PP Muhammadiyah Terima Kunjungan Markaz Al-Hijaz Makkah

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Muhammadiyah menerima kunjungan dari Markaz Al-Hijaz, yayasan Mu’assasah An-Naba’ Al-Adhim dari Makkah, Saudi Arabia. Rombongan terdiri dari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.