PWA Banten dan PCA Larangan Kerjasama Edukasi Protokol Kesehatan dan Peduli Anak Asuh

Berita 23 Mar 2021 0 42x
Berita Aisyiyah

Edukasi Prokes dan Peduli Anak Asuh

Banten, Suara ‘Aisyiyah – Dalam merespon situasi pandemi Covid-19, ‘Aisyiyah terus memperkuat ketahanan adaptasi bagi para kelompok rentan. Hal ini dilakukan oleh Majelis Kesehatan PWA Banten dan Majelis Kesejahteraan Sosial PCA Larangan pada acara Edukasi Prokes dan Peduli Anak Asuh. Kegiatan ini bertempat di Komplek Larangan Indah, Ciledug, Kota Tangerang  (11-14/3).

Kegiatan ini melibatkan total penerima manfaat sebanyak 50 orang, terdiri dari 5 anak SD, 17 anak SMP, dan 28 remaja SMA. Secara khusus, dalam pelaksanaannya, anak asuh tersebut dibagi ke dalam kelompok kecil sesuai dengan tingkat pendidikan. Kegiatan ini juga mempraktikkan upaya protokol kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kegiatan anak asuh di masa pandemi, serta memberi edukasi yang wajib dilakukan untuk protokol kesehatan. Selain itu, untuk meningkatkan daya lenting remaja, pimpinan ‘Aisyiyah juga memberikan pemahaman kepada anak asuh agar menyikapi pandemi dengan akhlak yang baik, tetap serius dalam belajar, dan sabar menghadapi wabah. Selain itu, nasehat yang selalu digaungkan adalah agar anak asuh tetap berbakti kepada orang tua dengan  membantu meringankan beban mereka.

Untuk anak-anak tingkat SMP dan SMA diharapkan dapat menyampaikan pesan-pesan edukasi prokes kepada lingkungan terdekatnya, keluarga, dan juga teman sebaya. Pada konten kesehatan, disampaikan pesan dalam QS. al-Baqarah [2]: 168-169 dan QS. al-Maidah [5]: 87-88.

Kandungan ayat tersebut menjadi dasar untuk memberikan edukasi tentang kesehatan terkait makanan yang perlu dikonsumsi. Selain itu, edukasi protokol kesehatan juga diinformasikan tidak hanya berdasarkan teori, tapi langsung praktik dengan paket kesehatan serta masker yang diberikan saat acara. Untuk menggembirakan anak asuh, diberikan paket kesehatan, masker, santunan uang tunai, dan konsumsi pada masing-masing anak. (Maryama Husni/SB)

Leave a Reply