PWA DIY Perkuat Konsolidasi Gerakkan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS) Untuk Program Penanggulangan TBC

Berita 22 Jan 2021 0 140x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PWA DIY pada hari Jumat (15/1) mengadakan virtual meeting dengan dihadiri oleh 152 peserta yang berasal dari PDA, PCA, PRA Se-DIY, Pimpinan Harian PWA DIY, Anggota Majelis Kesehatan DIY, dan juga Rektor Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yakni Warsiti, S.Kp., Sp. Mat., dalam rangka keberlanjutan program penanggulangan TBC PWA DIY dalam menyelenggarakann konsolidasi dan penguatan Gerakkan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS).

”Program Penanggulangan TBC Care Aisyiyah dengan dukungan dana Global Fund (GF) telah selesai dan ‘Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta melanjutkan secara mandiri dalam melaksanakan penanggulangan TBC, masuk ke dalam program Majelis Kesehatan untuk Penanggulangan Penyakit Menular (PPM) dalam Gerakan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS). Kader TBC ‘Aisyiyah tetap melaksanakan tugasnya dengan sinergi Lintas Majelis bersama Majelis Tabligh, Majelis Kesejahteraan Sosial, Majelis Hukum dan HAM dan Majelis lainnya. Enam belas tahun bersama GF memberikan pelajaran yang begitu banyak. Secara mandiri ‘Aisyiyah DIY akan mengoptimalkan potensi lembaga atau pihak internal yang cukup banyak diantaranya LazisMu, UNISA, UAD, UMY, RS PKU, Klinik ’Aisyiyah Muhammadiyah, dsb.  dan juga berjejaring dengan pihak eksternal,” ungkap Zulaiha selaku PWA DIY.

Kegiatan inti dari virtual meeting tersebut berisi pemaparan materi dari Dra. Chairunnisa, M.Kes (Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah) dan Yuli Isnaeni, S.Kp., M.Kep., Sp. Kom (Wakil Rektor II UNISA Yogyakarta). Materi pertama bertajuk “Penguatan Gerakan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS)”, dalam materi tersebut Chairunnisa menekankan bahwa strategi keberlanjutan program TBC melalui integrasi dalam GRASS, yaitu dengan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan setiap individu khususnnya warga ‘aisyiyah untuk hidup sehat agar meningkatkan derajat kesehatan.

Materi kedua yang bertajuk “Dukungan AUA/AUM untuk Penguatan Program Kesehatan” yang dipaparkan oleh Yuli Isnaeni, S.Kp., M.Kep., Sp. Kom yang merupakan Wakil Rektor II dari UNISA Yogyakarta menekankan bahwa setiap Amal Usaha Aisyiyah-Muhammadiyah, harus berpegang teguh akan ajaran Allah dan Rasul Nya, bergerak membangun disegala bidang dan lapangan. Jenis amal usaha meliputi berbagai bidang yaitu : bidang kesehatan, bidang pendidikan, Kesejahteraan sosial dan ekonomi.

Antusiasme peserta pada kegiatan tersebut sangat terlihat dari proses diskusi dan juga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada kedua narasumber tersebut. “Materi yang sangat bagus yang dipaparkan oleh kedua narasumber hari ini dapat menjadi pelengkap pembuatan Rencana Aksi masing-masing Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah DIY dalam keberlanjutan program TBC melalui integrasi dengan program GRASS,” ungkap Hj. Ismarwati, SKM, SST, MPH. selaku Ketua Majelis Kesehatan PWA DIY.

Kontributor: Rakhma – Majelis Kesehatan PDA Kota Yogyakarta

Editor: Tami

 

Tinggalkan Balasan