PWM Aceh: Vaksinasi Diperbolehkan Saat Berpuasa

Berita 7 Apr 2021 0 57x
Berita Aisyiyah

PWM Aceh Lakukan Sosialisasi Tanfidz 

Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangkaian acara Sosialisasi Tanfidz Munas Tarjih 2021 dan Silaturahim Penyambutan Ramadhan 1442H Muhammadyah dan Ortom se-Aceh, tanggal 1-3 April 2021 memalui Aplikasi Zoom Meeting, PWM Aceh mengadakan salah satunya webinar “Vaksin dan Puasa pada Masa Pandemi” pada Sabtu (3/4).

Dalam kegiatan ini turut mengundang dr. Aslinar  yang merupakan dokter Spesialis Anak dan juga Ketua LLHPB PWA Aceh dengan membawakan materi mengenai vaksin dan puasa di masa pandemi.

Dalam penyampaiannya, Aslinar menjelaskan bahwa vaksin yang sekarang digunakan adalah vaksin Sinovac yang berasal dari Perusahaan Sinovac BioTech yang merupakan hasil dari farmasi China yang sudah lebih dulu mengembangkan vaksin Covid-19 bernama Coronavac.

Vaksin ini sudah mendapatkan label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan sudah melalui Uji Klinis Fase III BPOM sehingga pemerintah menyimpulkan dan sudah menjamin keamanannya untuk digunakan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun begitu ada beberapa kategori orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin ini antara lain adalah pasien yang menderita autoimun, ibu hamil, usia >59tahun yang mengalami kondisi fraility, ini harus dikonsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu.

Aslinar juga menjelaskan, berdasarkan dari Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait Tuntunan Ibadah Ramadhan 1442H dalam Kondisi Darurat Covid-19, menyatakan bahwa, pada saat berpuasa, vaksinasi tetap bisa dilakukan dan tidak membatalkan puasa karena vaksin diberikan tidak melalui rongga mulut atau hidung serta memuaskan keinginan dan bukan pula merupakan zat makanan yang dapat menambah energi.

“Vaksin itu salah satu ikhtiar kita untuk terhindar dari penyakit sehingga kita perlu untuk menerapkan ikhtiar lainnya guna memaksimalkan kondisi tubuh agar lebih baik dalam merespon serangan berbagai penyakit, yaitu dengan menerapkan 3M dengan disiplin,” jelas Aslinar.

Dalam kondisi berpuasa yang sebentar lagi akan kita jalankan adalah saat detokfisikasi tubuh yang sangat ampuh membuang zat atau racun yang tidak diperlukan oleh tubuh, dan tentunya tubuh akan mengalami regenerasi sel dengan baik dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh karena sel getah bening akan membaik 10 kali lipatnya.

Kontributor: Silfia Meri Wulandari

Leave a Reply