Ramuan Jamu Penjaga Imunitas Tubuh

Gaya Hidup Info Sehat 15 Jul 2021 0 158x
Ramuan Jamu

Ramuan Jamu

Menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan kewajiban setiap orang, terlebih pada masa pandemi Covid-19. Selain hidup bersih dan berolahraga, sistem kekebalan tubuh juga dapat dijaga melalui makanan yang dikonsumsi.

Penting untuk memperhatikan setiap asupan makanan atau vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Ramuan jamu menjadi salah satu obat-obatan alami yang memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi ramuan jamu sesuai dengan aturan dan secara berkala menjadi suatu kebiasaan baik bagi setiap orang.

Dengan peningkatan kasus orang terpapar Covid-19 setiap harinya, kebiasaan untuk mengonsumsi ramuan jamu menjadi penting untuk dilakukan.

Mengutip kompas.com, Guru Besar Universitas Airlangga, Mangestuti Agil mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Berbagai ramuan jamu biasanya dihindari oleh masyarakat, karena rasanya yang aneh dan pahit. Akan tetapi, yang jarang disadari, di balik rasa aneh dan pahit tadi, ramuan jamu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain itu, ramuan jamu juga jarang memberi efek samping, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Propolis Bagi Tubuh

Banyaknya tumbuhan jamu dan rempah-rempah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, membuat ramuan jamu tidak sulit untuk ditemukan. Berikut di antaranya beberapa ramuan jamu yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Pertama, wedhang uwuh. Minuman ini menjadi salah satu ramuan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ramuan berkhasiat ini adalah jahe, cengkeh, secang, dan daun kayu manis.

Beberapa khasiat yang didapatkan setelah mengkonsumsi ramuan jamu ini ialah mengatasi diare, menjadi pereda nyeri, mengatasi nyeri tenggorokan, mengatasi peradangan, antioksidan, dan berbagai khasiat lainnya.

Kedua, wedhang jahe. Minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Wedhang jahe bisa dibuat sendiri di rumah secara sederhana dengan merebus beberapa ruas jahe dan air.

Di antara manfaat yang dihasilkan oleh wedhang jahe adalah memperkuat sistem imun, menurunkan kolestrol, menurunkan kadar gula darah, mengatasi gangguan pencernaan, serta berbagai khasiat lainnya.

Ketiga, kunyit asem. Ramuan jamu ini memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya, terlebih perempuan. Ramuan jamu ini terkenal bisa meredakan sakit atau nyeri saat haid. Namun tidak hanya itu, berbagai manfaat lain juga dapat didapatkan, seperti sebagai antioksidan, mengendalikan gula darah, dan penurun berat badan.

Keempat, ramuan telang. Telang merupakan jamu yang berasal dari bunga berwarna ungu yang disebut bunga telang. Dalam pengolahannya, ramuan ini dapat dikonsumsi baik pada bunga telang yang masih segar ataupun sudah kering. Cara mengonsumsi bunga ini juga cukup beragam: bisa direbus dengan air mendidih atau direndam beberapa menit di air panas, kemudian langsung diminum tanpa gula.

Manfaat dari ramuan jamu ini ialah meringankan peradangan, mengatasi diare, menurunkan kadar gula, mencegah serta mengatasi reaksi alergi, dan berbagai manfaat lainnya.

Kelima, pokak atau wedhang pokak. Jamu ini menjadi salah satu ramuan yang tentunya juga bermanfaat bagi menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah seperti serai, kayu manis, daun pandan, cengkeh, bunga lawang, jahe, kapulaga, dan merica.

Baca Juga: 13 Strategi Pemenuhan Gizi Remaja

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, minuman ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol, menurunkan asam urat, meredakan batuk, demam, dan berbagai manfaat lainnya.

Ramuan jamu yang dijelaskan tadi merupakan sebagain dari banyaknya ramuan jamu yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan tentunya meningkatkan sistem imun pada tubuh. Menjaga kesehatan menjadi kewajiban setiap orang. Jadikan mengkonsumsi minuman jamu menjadi suatu kebiasaan sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat dari ramuan tersebut. (Cheny*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/berbagai-manfaat-kunyit-asam/?amp=1

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/09/200500723/6-resep-ramuan-jamu-untuk-tingkatkan-imunitas-tubuh-saat-pandemi-covid-19?page=all#page2

Tinggalkan Balasan