Rekomendasi POGI Memperbolehkan Vaksinasi Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Berita 29 Jun 2021 0 59x
Berita Aisyiyah

Vaksinasi ibu hamil dan menyusui

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Perkumpulan Obstertri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan pemberian vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui. Rekomendasi tersebut diajukan mengingat ibu hamil dan menyusui memiliki risiko yang lebih berat apabila terpapar Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi saat kehamilan ataupun sedang menyusui diharapkan dapat mencegah ibu hamil dan menyusui mengalami gejala yang berat.

Adapun risiko yang dimiliki oleh ibu hamil juga menyusui diantaranya mengalami gejala berat, perawatan intensif, penggunaan ventilator, persalinan prematur, komplikasi kehamilan lain, dan juga kematian.

Dilansir melalui kompas.com Ketua Umum Pengurus Pusat POGI Ari K Januarto juga menegaskan bahwa vaksinasi dalam kehamilan akan mencegah ibu hamil bergejala berat apabila terpapar Covid-19. Selain itu, POGI juga menyuarakan bahwa proses vaksinasi akan dipercepat dan diperluas pada ibu hamil risiko tinggi (>35 tahun, BB berlebih, memiliki penyakit diabetes, hipertensi), ibu hamil risiko tinggi terpapar Covid-19 seperti tenaga kesehatan, ibu hamil risiko rendah, dan juga ibu menyusui.

Baca juga:‘Aisyiyah Gelar Vaksinasi Covid untuk 1221 Lansia dan Pekerja Publik

“Tidak ada alasan vaksin corona membahayakan ibu hamil karna ini didasarkan pada bahan baku yang digunakan dalam pembuatan vaksin. Platform yang kami gunakan saat ini adalah platform mRNA, virus yang tidak aktif atau platform vector virus atau protein subunit,” ungkap Soumnya Swaminathan selaku Kepala Peneliti WHO melalui kompas.com.

Selain itu, Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan menuturkan bahwa obat atau vaksin apapun yang diberikan akan selalu memastikan dan memerhatikan tidak adanya potensi masalah keamanan atau efek samping pada ibu hamil dan juga menyusui. (Tami)

Referensi: Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan