Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Diabetes

Gaya Hidup Info Sehat 5 Agu 2021 1 186x
diabetes

diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang tidak sembarangan. Seseorang yang menderita penyakit diabetes perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari agar gula darahnya tidak naik. Sebab jika tidak akan dapat memperparah penyakitnya.

Banyak orang yang mengira bahwa makanan untuk penderita diabetes tidak boleh yang manis-manis dan yang tidak ada rasanya. Anggapan tersebut tidak tepat. Penderita diabetes (tetap) boleh memakan makanan yang enak dan sehat.

Sayur-mayur adalah salah satu bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh pasien diabetes, meskipun tidak semua sayur.

Apa saja sayuran yang aman dan baik dikonsumsi bagi penderita diabetes? Mengutip laman idntimes.com, berikut rekomendasi sayuran yang baik untuk penderita diabetes:

Pertama, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kubis, selada, dan buncis. Kelima jenis sayuran ini mempunyai kandungan serat dan protein yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

Sayur bayam mempunyai kadar kalori yang rendah dan kaya akan zat besi, sehingga membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Kubis mempunyai kadar vitamin C yang tinggi. Kubis juga baik untuk kesehatan jantung. Selada mempunyai kadar vitamin K dan nitrat yang tinggi, dan baik untuk proses pembekuan dan sirkulasi darah. Kemudian buncis mengandung vitamin C dan vitamin A.

Kedua, wortel. Wortel mempunyai kandungan serat yang tinggi dan indeks glemik rendah. Wortel dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga penderita tidak makan terlalu banyak. Berat badan tetap terjaga, dan kadar gula darah pun tidak ikut naik.

Ketiga,  tomat:  Tomat adalah sayur yang tepat, karena tomat mengandung likopen atau senyawa antioksidan yang menekan risiko penyakit jantung dan kanker.

Keempat, timun. Timun adalah sayuran dengan kadar air tinggi. Timun juga bermanfaat untuk menurunkan dan mengatur gula darah agar tetap stabil.

Kelima, jamur. Jamur mempunyai khasiat yang kaya akan vitamin B. Jamur sangat cocok untuk obat diabetes. Vitamin B di jamur dapat dibandingkan dengan obat diabetes tipe-2 Metformin.

Baca Juga: Lima Cara Menurunkan Kadar Kolesterol di dalam Tubuh

Beberapa jenis sayuran yang sudah disebutkan di atas, selain baik untuk penderita diabetes, tentunya juga baik dikonsumsi oleh orang yang sehat. Sayuran-sayuran itu bisa dikonsumsi dengan cara dibuat lalapan, salad, dan jus. Sayuran yang tinggi akan serat dapat membuat kenyang lebih lama dan mencegah keinginan untuk memakan makanan yang tidak sehat.

Makanan yang Harus Dihindari

Selain dengan mengkonsumsi sayur-sayuran yang sudah dijelaskan tadi, penderita diabetes juga perlu menjaga pola makan. Dikutip dari laman alodokter.com, berikut makanan yang sebaiknya dihindari agar gula darah tetap terjaga, di antaranya: pertama, roti tawar putih, nasi putih, dan makanan yang terbuat dari tepung terigu. Roti tawar adalah makanan yang berkarbohidrat tinggi, begitu juga dengan nasi putih. Makanan-makanan terrsebut sebisa mungkin dihindari agar kadar gula darah tidak naik.

Kedua, sayuran yang dimasak dengan garam, mentega, dan saus dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena makanan tersebut mengandung lemak yang banyak sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ketiga, makanan atau minuman kaleng yang mengandung banyak gula. Keempat, makanan dan minuman yang mengandung sirup dan soda.

Seseorang yang menderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri. Selain karena lebih sehat, memasaknya pun bisa menggunakan resep yang sesuai dengan kebutuhan asupan tubuh. Misalnya menyesuaikan sendiri takaran lemak dan porsinya.

Sebenarnya bukan hanya penderita penyakit diabetes saja yang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan olahan sendiri, orang yang sehat juga iya. Sebisa mungkin kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman cepat saji, atau dalam bentuk kalengan dan kemasan.

Bijaklah dalam memilih makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi. Orang yang menderita penyakit diabetes disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah setidaknya 3 bulan sekali dan menerapkan pola hidup sehat. (Rizka*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/health/fitness/amp/alfonsus-adi-putra-2/rekomendasi-sayuran-untuk-penderita-diabetes

https://www.alodokter.com/deretan-makanan-untuk-penderita-diabetes-yang-baik-dan-buruk

One thought on “Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Diabetes”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *