Rektor Unmuha: Sarjana Harus Mampu Bersaing di Era Industri 5.0

Berita 11 Okt 2021 0 50x

Wisuda UnmuhaBanda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Ahad(10/10), Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Aslam Nur mengukuhkan sebanyak 401 Mahasiswa wisuda Sarjana dan Magister ke-41 Sementer Genap Tahun Akademik 2020/2021. Sidang terbuka berlangsung dari tanggal (9-10 Oktober 2021) di Gedung UCC Ahmad Dahlan, Jalan Muhammadiyah, Nomor 91, Batoh.

Wisuda ini dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh, Faisal, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Lincolin Arsyad, Ketua PWM Aceh, dan Ketua BPH Unmuha Nasrullah Jakfar.

Dalam kesempatan tersebut, Aslam Nur menyampaikan puji syukur atas terlaksananya Wisuda Sarjana dan Magister ke-41 semester genap tahun akademik 2020/2021. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang telah mempercayai Universitas Muhammadiyah Aceh sebagai tempat pendidikan putra dan putrinya di jenjang Perguruan Tinggi. Pesan kami kepada lulusan wisudawan janganlah puas dengan jenjang S1, tanamkan dalam diri harus terus mendapatkan ilmu secara formal di jenjang yang lebih tinggi. Jangan pernah berputus asa di dalam mengisi kehidupan ini,” ujarnya.

Baca Juga: Universitas Siber Muhammadiyah, Akses Pendidikan bagi Generasi Baru

Segenap civitas akademika Unmuha, jelasnya, telah berupaya memberikan yang terbaik kepada para mahasiswa, baik dari sisi layanan maupun dari sisi akademik. Di masa pandemi Covid-19, proses belajar mengajar juga tetap dilaksanakan, meski secara daring, kecuali beberapa kegiatan yang terkait dengan praktikum.

“Mari kita berdoa bersama agar pandemi ini segera berahir dan kita dapat beraktivitas secara normal. Kita berusaha terus dapat meningkatkan mutu akademis dari tahun ke tahun sehingga mutu pendidikan dan kualitas pengajaran berlangsung dengan baik. Semua aturan pemerintah kita ikuti dengan hasil dan nilai akreditasi yang baik, serta mampu menghadapi era industri 0.5, agar kita tidak tertinggal,” kata Aslam Nur.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh, Faisal, juga menyampaikan bahwa kemampuan dan kompetensi yang dimiliki seseorang harus terus ditingkatkan karena zaman terus bergerak dan berubah. “Oleh karena itu, kita harus mampu melakukan adaptasi. Kita sudah memiliki ilmu pengetahuan yang baik sebagai landasan perkembangan ke depan. Kita harus dapat bermanfaat untuk orang lain, di samping menghidupi diri kita sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Faisal berharap bahwa lulusan Unmuha dapat beradaptasi dan terus mengembangkan diri di tengah perubahan, sehingga bisa menjadi aktor perubahan di tengah masyarakat. “Kami percaya kepada wisudawan, bahwasanya kita adalah agen perubahan dalam masyarakat, kita harus memiliki eksistensi,” tutup Faisal. (Agusnaidi B/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *