Berita

Religiusitas yang Mencerahkan Dijiwai Nilai Islam dan Ihsan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar menerangkan bahwa agama merupakan kerangka rujukan perilaku. Ia menjelaskan, agama adalah “apa yang disyariatkan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan berupa petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat”.

Sementara itu, religiusitas adalah suatu pengalaman imani yang terungkap dalam bentuk amal saleh yang dikerangkakan oleh syariah dan dijiwai “Islam” dan “ihsan”. Kesadaran ilahiah, kata Syamsul, tidak cukup diletakkan sebagai sebuah kesadaran, tetapi lebih jauh harus diekspresikan/diungkapkan menjadi sebuah amal saleh.

Baca Juga: Lima Cheklist Langkah Menghadirkan Religiusitas yang Mencerahkan

Penjelasan itu disampaikan Syamsul dalam Pengajian Ramadhan 1443 H PP Muhammadiyah. Dalam sesi yang mengangkat tema “Religiusitas yang Mencerahkan dalam Ajaran Islam: Perspektif Normativitas dan Historisitas” ini, ia menjelaskan bahwa ungkapan dari pengalaman imani (amal saleh) itu dapat diwujudkan dalam tiga bentuk, yakni pemikiran, tingkah laku, dan pergaulan dengan sesama.

Lebih lanjut, Syamsul menjelaskan bahwa umat Islam harus mampu menghadirkan religiusitas yang mencerahkan. “Mencerahkan berarti memegangi nilai keutamaan yang tertanam dalam segenap kebaikan jiwa, pikiran, sikap, dan tindakan yang maslahat, berkeadaban, dan berkemajuan,” kata dia, Selasa (5/4).

Adapun landasan religiusitas yang mencerahkan itu meliputi kebajikan kalbu (ihsan), rasionalitas, dan perbuatan kebajikan untuk kemaslahan semua. Ketiga landasan ini, kata Syamsul, harus diekspresikan oleh setiap insan beriman secara integratif. (sb)

Related posts
Berita

Pembangunan Masjid Muhammadiyah di Aceh Dihentikan, Sekum PP Muhammadiyah Ikut Bersuara

Bireuen, Suara ‘Aisyiyah – Aparat gabungan dari Satpol PP. Sangso satu desa yang berada di Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh, melakukan penghentian…
Berita

Haedar Nashir: Muhammadiyah Harus Serius Memperkuat Basis Ekonomi Umat

Bandung, Suara ‘Aisyiyah – Memperkuat basis ekonomi umat adalah jihad fii sabilillah. Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam…
Berita

Tausyiyah Ketua Umum PP Muhammadiyah dalam Silaturahmi Idulfitri 1443 H Keluarga Besar Muhammadiyah

PP Muhammadiyah melalui Haedar Nashir selaku Ketua Umum menyampaikan selamat Idulfitri 1443 H. Taqabbalallu minna wa minkum, kullu ‘aamin wa antum bi…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.