Resepsi Virtual Milad Muhammadiyah 108, Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri

Berita 18 Nov 2020 0 87x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- Digelar secara virtual di tengah pandemi, Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108  tak menggeser maknanya. Acara yang juga dilaksanakan bersamaan secara luring di Edutorium UMS, Rumah Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Gedung PP Muhammadiyah Menteng Jakarta, Gedung PP Muhammadiyah Cik Ditiro Yogyakarta, dan Masjid At Tanwir PP Muhammadiyah Jakarta, tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Ia berharap, agar Muhammadiyah dapat optimis menghadapi tantangan dan masalah negeri melalui segala amal usahanya. “Harapannya, kemajuan yang telah di tetapkan, bukan sekedar menjadi slogan, tetapi menjadi semboyan yang solutif untuk mengahadapi segala tantangan zaman,” ungkap Ganjar, yang hadir secara luring di Edutorium UMS. Selain itu, tambahnya, Muhammadiyah tinggal mengoptimalkan lembaga yang dimiliki untuk menghadapi masalah negeri.

Disamping itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutannya menghaturkan terima kasih kepada Muhammadiyah yang telah berperan aktif dalam membantu masyarakat. “Selamat Milad ke-108 Perserikatan Muhammadiyah. Usia yang telah diisi dengan banyak karya dan kontribusi, pengabdian yang iklas dan sunguh-sunguh, yang semakin kuat dan kokoh bersama waktu. Atas nama masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan terimakasih sebesar- besarnya, semoga dalam perjalanan Muhammadiyah semakin jaya dan berjasa dalam perjalanan bangsa,” tutur Jokowi.

Disela-sela acara, Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan penghargaan ”Bakti untuk Negeri” kepada kader Muhammadiyah yang berprestasi sebagai penggerak dakwah dan Persyarikatan Muhammadiyah, dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-108 pada tahun 2020.

Berdasarkan surat keputusan PP Muhammadiyah, diberikan penghargaan kepada perseorangan, melalui tenaga kesehatan dan pegawai Rumah Sakit ‘Aisyiyah sebanyak 12 penghargaan, penghargaan dalam bidang inovasi, teknologi, dan pendidikan sebanyak 7 penghargaan, penghargaan dalam bidang lembaga diberikan kepada MCCC, penghargaan dalam bidang sosial kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan penghargaan dalam bidang RS PKU Surakarta.

Dalam pidato Milad, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih untuk segala pihak yang telah mendukung Muhammadiyah ditengah masa pandemi covid-19. Muhammadiyah telah melaukan segala usaha untuk mengatasi masalah pandemi covid-19, salah satunya pembuatan lembaga Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), serta ‘Aisyiyah dengan 23.000 taman kanak- kanak dan amal usahanya.

Ia juga menghimbau untuk tetap waspada dan disiplin adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini belum berakhir, dan mengajak seluruh pihak turut serta memberikan solusi dan bekerjasama demi bangsa dan negeri. “Muhammadiyah terus berikhtiar secara pro aktif di dalam memecahkan masalah bangsa, namun Muhammadiyah tidak bisa menghadapi masalah bangsa sendirian, diperlukan kerjasama dan pembagian tugas, dengan seluruh komponen bangsa,dan pemerintah,” pungkasnya.

Selain itu, pada Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108 tahun ini, juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan  dari paduan suara dari 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) secara online, penyanyi Indah Nevertari yang merupakan juara ajang pencarian bakat X-Factor, hiburan pagelaran tari kolosal, penampilan lagu oleh Ardha Didi Kempot, dan pembacaan puisi oleh Ahimsa Swadesi dan juga Sastrawan Senior Taufik Ismail. (Munir/Gustin)

Leave a Reply