RPJP Dikdasmen Muhammadiyah Tahun 2021-2045 Resmi Diluncurkan

Berita 10 Nov 2021 0 53x

RPJP Dikdasmen MuhammadiyahYogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Ssejak awal berdiri, Muhammadiyah telah memainkan peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan sebelum organisasi Muhammadiyah  didirikan, Kiai Ahmad Dahlan mendirikan Sekolah Modern Madrasah Ibtidaiyyah Diniyyah Islamiyah (MIDI) di tahun 1911.

Kiai Dahlan telah merintis pembaruan pendidikan sebagai kesatuan kelembagaan berbasis kesatuan ipteks (ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni). Sekolah modern-holistik tersebut memadukan antara ilmu, amal, dan ilmiah, serta mengintegrasikan secara holistik ilmu pengetahuan dengan ilmu agama.

Kiprah Muhammadiyah menegaskan bahwa organisasi yang berdiri pada 1912 ini merupakan pionir sekolah modern berkemajuan. Perkembangan berikutnya, pengelolaan sekolahnya ditopang dengan manajemen pengelolaan secara profesional menghadirkan upaya keras Muhammadiyah mewujudkan pendidikan nasional berlandaskan iman, takwa, agama, karakter, Pancasila, dan kebudayaan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam launching “Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Pendidikan Dasar dan Menengah” menyebut bahwa pengorbanan, kerja keras, dan kiprah nyata Muhammadiyah sangatlah besar dalam mencerdaskan dan memajukan bangsa di seluruh persada negeri hingga ke daerah terdepan, terjauh, dan tertinggal (3T).

Menurutnya, Muhammadiyah menjadi kekuatan strategis bagi masa depan Indonesia. Ketika Indonesia harus memfokuskan diri pada pembangunan sumber daya manusia guna memasuki era revolusi industri 4.0 yang penuh tantangan dan kompetisi, maka keberadaan dan peran Muhammadiyah dengan lembaga pendidikannya yang besar dan berkualitas sangatlah niscaya dan menentukan.

Oleh karena itu, dalam rangka Milad Muhammadiyah Ke-109, agar spirit etos pionir sekolah modern dan berkemajuan senantiasa diwujudkan sekaligus dapat menjawab tantangan pendidikan nasional, Haedar mengatakan bahwa segala pandangan dan sikap hedonis, materialistik, pragmatis, dan serba ekstrem harus dijauhi oleh lembaga pendidikan. Oleh karenanya, menjadi suatu keniscayaan bagi lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah pada khususnya dan pendidikan nasional pada umumnya untuk menjadikan seluruh proses penyelenggaraan pendidikan sebagai strategi gerakan pencerahan menuju Indonesia berkemajuan.

Dengan demikian, diharapkan bangsa Indonesia ke depan tumbuh-kembang menjadi insan yang unggul dan utama sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju. Bagi umat Islam, khususnya Muhammadiyah, melalui pendidikan yang mencerahkan dan mencerdaskan itu maka diharapkan lahir generasi umat dan bangsa sebagai pelaku sejarah yang menyebarkan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin.

Baca Juga: Upaya Mewujudkan Pendidikan Dasar untuk Semua

Bermula dari kondisi tersebut, Muhammadiyah melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah membuat terobosan dengan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Tahun 2021 hingga Tahun 2045.

RPJP tersebut sebagaimana yang diutarakan Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Sungkowo Mudjiamano, disusun dengan gigih oleh almarhum Baedhowi selaku Ketua Dikdasmen saat itu. RPJP tersebut merupakan refleksi masa lalu, gambaran kondisi sekarang, dan rencana pembangunan pendidikan dasar dan menengah yang dicita-citakan pada masa yang akan datang.

RPJP Dikdasmen bersifat makro secara nasional yang harus diterjemahkan pada level operasional di wilayah, daerah dalam rangka pembinaan terhadap sekolah Muhammadiyah, sehingga peserta didik menjadi manusia-manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, pintar, cerdas-terampil, berjiwa kepeloporan dan kepemimpinan, serta berkemajuan dan siap menjalankan misi dakwah dan tajdid yang menyebarkan rahmat bagi semesta alam.

RPJP berfungsi untuk menunjukkan peta situasi mutakhir dan posisi pendidikan Muhammadiyah secara tepat dan akurat, memperjelas rencana-rencana pendidikan Muhammadiyah pada masa depan, menjadi petunjuk arah ke mana pendidikan Muhammadiyah melangkah, dan untuk mengevaluasi/mengontrol pendidikan Muhammadiyah agar tidak keluar dari rencana yang termaktub dalam  RPJP.

RPJP Dikdasmen Muhammadiyah ini terdiri dari pendahuluan, kondisi pendidikan Muhammadiyah, visi-misi kebijakan dan strategi, program-program strategis, serta kerja sama pendidikan Muhammadiyah. (ppm/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *