RS Sarkies Aisyiyah Kudus Adakan Penggalangan Dana Wakaf

Berita 24 Nov 2021 0 331x

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Rumah Sakit ‘Aisyiyah Kudus mengadakan Pengajian dalam rangka “Penggalangan Dana Wakaf Rumah Sakit Sarkies ‘Aisyiyah Kudus” pada hari Ahad, 16 Rabi’ul Akhir 1443 H yang bertepatan dengan 21 November 2021. Acara yang mulai pada jam 13.00 WIB ini bertempat di Aula Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kudus, Jalan Kudus-Jepara Prambatan Kaliwungu, Kudus. Pengajian dihadiri oleh jajaran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), 12 Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA), dan 61 Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) se-Kabupaten Kudus.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Rumah Sakit ‘Aisyiyah Kudus, Hilal Ariadi yang menyampaikan bahwa masterplan Rumah Sakit Sarkies ‘Aisyiyah Kudus sebagai Rumah Sakit Tipe B dengan bangunan 10 lantai, yang diawali pembangunan tahap I dengan dana 70 miliar dengan target sudah diresmikan sebelum Muktamar Muhammadiyah 18 November 2022 di Surakarta. Hal ini dikuatkan dengan pemaparan berikutnya oleh ketua pembangunan, Subhan, yang menyampaikan bahwa target tahap I selama 8 (delapan) bulan, yang hari ini memasuki hari ke-50.

Baca Juga: Dawiesah dalam Sejarah Pendidikan Kesehatan ‘Aisyiyah

Sambutan berikutnya oleh Ketua PDA Kabupaten Kudus, Khosifah, yang mengimbau kepada para pimpinan ‘Aisyiyah di tingkat Cabang dan Ranting untuk ikut mensukseskan penggalangan dana wakaf pembangunan tersebut, yang telah diawali dengan pemberian tanah wakaf yang diabadikan dengan nama ibunda, Sarkies, berupa tanah seluas 5.000 meter persegi oleh Saifullah.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyampaikan bahwa dalam pembangunan yang dilakukan Muhammadiyah, seringkali tercapai sebelum target yang ditentukan karena semangat para warga dan simpatisan untuk menyelesaikannya. Sedekah yang diberikan pada aktivitas yang bermanfaat bagi umat, seperti untuk pembangunan Rumah Sakit ini, akan terus mengalir pahalanya, tidak terputus selama fasilitas tersebut dimanfaatkan oleh umat.

Lebih lanjut Mu’ti mengatakan, dengan jumlah anggota yang dikategorikan sedikit, Muhammadiyah hendaknya mengalokasikan dana untuk pemanfaatan sektor strategis. Hal ini didukung dengan sifat pemimpin yang al-qowiyyul al-amin, yaitu pemimpin yang kuat, dalam arti mampu, memiliki kompetensi, dan dapat dipercaya, berintegritas, dan menjaga amanah. Orang dapat tampil memimpin jika kuat fisiknya.

Selanjutnya, ia menyampaikan anugerah Allah kepada Thalut yang memiliki ciri pemimpin “basthatan fil ilmi wal jismi”, yang berarti berilmu yang luas dan memiliki tubuh perkasa, sebagaimana kiprah Muhammadiyah di bidang pendidikan dan kesehatan. Karena jika seseorang sakit-sakitan, tidak dapat tercapai “ya’luu wa laa yu’laa ‘alaih”, maka tidak dapat menjadi umat yang unggul dan tidak ada yang mengunggulinya.

Sambutan berikutnya oleh Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Subur Yuswanto. Ia menyampaikan bahwa Rumah Sakit Sarkies ‘Aisyiyah Kudus merupakan Rumah Sakit Muhammadiyah yang ke-51 di Provinsi Jawa Tengah. Sehingga Kudus akan memiliki 4 buah Rumah Sakit Muhammadiyah dengan tipe B sebagai layanan rujukan paru-paru, ginjal, rehabilitasi medik, pelayanan jantung, dan lainnya.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Subhan. Di akhir acara disampaikan hasil dari penggalangan dana secara spontan hari ini memperoleh bantuan dari Endang Adhif dan Endang Kursistriyani selaku anggota DPRD Kabupaten Kudus masing-masing berupa dana sebesar 140 juta rupiah yang setara dengan wakaf pembangunan satu buah kamar rawat inap seluas 4×5 meter persegi. Bantuan juga disampaikan oleh MPKU sebesar 70 juta rupiah atau seharga setengah luas kamar rawat inap dan 10 tabung oksigen kecil juga 10 tabung oksigen sedang. Dermawan berikutnya memberikan wakaf sebesar 10 juta rupiah dan beberapa dermawan menyatakan turut serta dalam wakaf pembangunan Rumah Sakit ini. (Wakhidah Noor Agustina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *