Berita

Salmah Orbayinah Sampaikan Konsep dan Karakter Perempuan Berkemajuan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Kelahiran Perempuan Berkemajuan tidak dapat dilepaskan dari berdirinya ‘Aisyiyah. Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah menjelaskan, ketika ‘Aisyiyah berdiri, perempuan berada dalam kondisi yang terbelakang, miskin, dan tidak terdidik. Di tengah kondisi demikian, menurut dia, “jelas bahwa Kiai Ahmad Dahlan memberi ruang seluas-luasnya bagi perempuan untuk berkiprah di ruang publik”.

Bayin mengungkapkan bahwa Risalah Perempuan Berkemajuan (RPB) bukanlah hal baru, tetapi menjadi pelengkap dari dokumen-dokumen Muhammadiyah tentang perempuan yang sudah ada, misalnya Adabul Mar’ah fil Islam. RPB ini, lanjut dia, berpedoman pada tiga nilai dasar tentang perempuan.

Baca Juga: Perempuan Berkemajuan Mengusung Peradaban Utama

Tiga nilai dasar itu adalah: pertama, nilai dasar tauhid yang mengandung pesan bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan dengan martabat yang sama (fī ahsani taqwīm) dan punya peran untuk menjadi pelaku sejarah (syuhadā’ ‘ala an-nās).

Kedua, nilai dasar keadilan yang mengandung pesan bahwa laki-laki dan perempuan setara di hadapan Allah, baik dalam konteks ibadah, peran kekhalifahan, meraih kesuksesan, maupun kesetaraan di depan hukum. Ketiga, nilai dasar kasih sayang yang sejalan dengan misi kerasulan Nabi Muhammas saw. untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘ālamīn).

Konsep perempuan yang maju menurut ‘Aisyiyah adalah perempuan yang berilmu dan beriman. “Perempuan harus mampu mengembangkan seluruh potensi pada dirinya, sehingga ia bisa berkontribusi bagi pembangunan,” ungkap Bayin dalam forum Pengajian Ramadan 1444 H PP Muhammadiyah yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (25/3).

Dalam kesempatan tersebut, Bayin juga mengungkapkan 7 (tujuh) karakter perempuan berkemajuan. Tujuh karakter itu adalah (a) iman dan takwa, (b) taat beribadah, (c) akhlak mulia, (d) berpikir tajdid, (e) bersikap wasathiyah, (f) amaliah salehah, dan (g) sikap inklusif. (sb)

Related posts
Berita

Pendidikan Politik Perempuan Berkemajuan

Pekalongan, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka menjelang Pesta Demokrasi, Pilpres dan Legislatif yang Insyaallah akan berlangsung tanggal 14 Februari 2024 Pimpinan Daerah…
Hikmah

Peran Kekhalifahan Perempuan di Muka Bumi

Oleh: Nur Fajri Romadhon* “Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar; berakidah Islam dan bersumber pada al-Qur’an dan sunnah;…
Lensa Organisasi

Kemampuan Bertahan dan Berlari

Oleh: Adib Sofia Tidak dapat dimungkiri bahwa semua yang dilakukan oleh ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah selalu berlandaskan teologi keislaman. Tidak ada satu pun…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *