Berita

Satpol PP Goes to School, Edukasi Siswa SD Muhammadiyah 11 Surabaya

SD Muhammadiyah 11 Surabaya

Surabaya, Suara ‘AisyiyahSatuan Polisi Pamong Praja (Sarpol PP) Kota Surabaya menggelar kegiatan Goes to School di Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD MuhlaS). Kegiatan yang diikuti 250 siswa kelas 5 dan 6 itu bertempat di Auditorium AR Fakhruddin lantai 4, Senin (11/9).

Kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Alimardiono, perwakilan DP3A Diah Novita, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya Chudori Hasan, Koordinator Satpol PP Seven JC beserta jajaran, guru, karyawan, serta wali murid duta trantibum.

Dalam sambutannya, Wakasek Bidang Kesiswaan, Fathanur Rosyid mengapresiasi dan berterima kasih kepada para undangan yang telah menghadiri acara Satpol PP Goes to School. “Perkenankan saya mengutip bapak pendidikan, Ki Hajar Dewantara, yakni setiap anak memiliki kodrat atau bakat yang berbeda-beda. Setiap anak adalah pribadi yang istimewa dan tidak bisa disamakan antara satu dengan yang lainnya,” tuturnya.

Masih dengan Rosyid, kalau dulu stakeholder SD MuhlaS hanya wali murid, sekolah, dan lingkungan, sejak tahun kemarin bertambah dengan hadirnya kakak-kakak dari Satpol PP, sehingga SD MuhlaS bisa tergabung untuk ikut mempromosikan ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum).

Alhamdulillah, SD MuhlaS menjadi salah satu sekolah dasar Muhamadiyah yang terpilih, dan menjadi satu-satunya sekolah dasar di Surabaya Utara yang terpilih menjadi duta trantibum, jadi stakeholder bertambah dengan adanya kakak-kakak melalui Satpol PP Goes to School,” ujarnya.

Baca Juga: Mengasuh Anak di Panti Ada Caranya

Lanjut Rosyid, tahun lalu SD MuhlaS telah mendeklarasikan sekolah ramah anak, termasuk dalam sekolah arek Suroboyo, salah satunya membudayakan no smoking wajib tidak hanya guru dan karyawan, namun juga wali murid tidak boleh merokok di area sekolah.

“Di sekolah kami, telah ada guru bimbingan penyuluhan dan bimbingan konseling, jika ada masalah baik perkelahian ataupun pem-bully-an, tidak hanya wali kelas saja yang menyelesaikan, namun juga akan ada konseling dan home visit dari guru BP/BK,” paparnya.

Sejak diberikan amanah, lanjut Rosyid, SD MuhlaS menjadi salah satu wakil trantibum. Tidak hanya duta, namun juga akan tampil pasukan trantibum. Setiap pagi ada Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang bekerja sama dengan Polsek Krembangan untuk membantu mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah, serta Pasukan Anak Sholeh (PAS) yang mengatur shaf salat dan supaya anak-anak tidak ramai.

“Sekali lagi saya sampaikan banyak terima kasih kepada Satpol PP yang telah melibatkan SD Muhammadiyah 11 Surabaya dalam menjalankan ketenteraman dan ketertiban umum,” tutup Rosyid.

Sementara itu, koordinator Satpol PP, Seven JC menjelaskan agenda di SD MuhlaS merupakan salah satu upaya pembinaan dan penyuluhan melalui sosialisasi dan edukasi bagi para siswa terkait pemahaman mengenai Perda dan Perkada Kota Surabaya, serta sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan dini atas potensi pelanggaran yang dilakukan oleh siswa di kota Surabaya melalui program Satpol PP Goes to School.

“Kali ini sebagai duta besar, Satpol PP yang mewakili anak-anak sesuai cita-cita Walikota Surabaya, yakni sekolah ramah anak atau sekolah layak anak, di mana kami Satpol PP juga merupakan bagian dari hal tersebut supaya anak-anak mengerti dengan peraturan yang ada dengan menciptakan lingkungan yang ramah anak, tertib, dan tenteram,” tuturnya.

Lanjut Seven, target dan sasaran kegiatan yakni untuk menciptakan lingkungan sekolah ramah anak dan layak anak. Jadi melalui mereka sebagai duta trantibum bisa memulai belajar disipilin dari dirinya sendiri yang akan menjadi contoh bagi anak-anak lainnya.

“Kami berharap melalui anak-anak duta trantibum benar-benar mereka akan menjadi generasi pemimpin masa depan, yaitu mempunyai integritas, leadership, berkarakter, peduli, taat, dan disiplin. Itulah salah satu bagian dari tugas satpol PP yakni mencerdaskan anak bangsa melalui peraturan daerah,” pungkasnya. (Yuda)-sb

Related posts
Berita

Momen Syawalan, Kuatkan Sinergitas Bersama Komite Songsong Program Unggulan SD Muhlas

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sebagai upaya mempererat sinergitas antara sekolah dengan komite, sekaligus sebagai momen Syawalan, Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya…
Berita

SD Muhammadiyah 11 Surabaya Gelar Baitul Arqam Serta Pembagian Santunan

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) melaksanakan Baitul Arqam pada 28 Maret – 4 April 2024….
Berita

Puluhan Doorprize Semarakkan Perenting Class SD Muhammadiyah 11 Surabaya

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (Muhlas) menggelar Parenting Education dengan menghadirkan narasumber Praktisi Pendidikan Anak dan Keluarga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *